Mari Elka: KTT APEC Tingkatkan Kunjungan Warga Asing

Mari Elka Pangestu Kunjungi Redaksi VIVAnews
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, menyambut baik dipilihnya Indonesia menjadi ketua di pertemuan tingkat tinggi ke-21 APEC pada Oktober mendatang di Nusa Dua, Bali.
PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

Menurut dia, saat ditemui di Jakarta, Rabu 19 Juni 2013, pertemuan APEC tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap kunjungan warga asing ke Indonesia. 
Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

"Melakukan perhelatan APEC sepanjang tahun sangat baik bagi Indonesia, untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke negara ini. Sebab, pertemuan ini tidak hanya akan diadakan di Bali, tetapi juga di seluruh Indonesia," ujar Mari. 
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Diprediksi akan ada sekitar lima ribu orang yang terdiri dari delegasi dan jurnalis. Dalam pertemuan APEC tahun ini akan ada pembahasan mengenai sistem dan kesepakatan untuk mempermudah keimigrasian di antara negara APEC. 

"Jadi, nanti juga akan ada pertemuan tingkat tinggi yang diadakan kali pertama. Sebab, pada pertemuan tersebut akan menggabungkan pariwisata, transportasi, imigrasi, dan bea cukai, sehingga diharapkan akan ada fasilitas kunjungan yang memudahkan anggota negara APEC untuk bepergian ke luar negeri," ujar Mari. 

Total tahun ini sudah ada 94 pertemuan menjelang KTT APEC ke-21 di Bali yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Oktober mendatang. Untuk menyambut para delegasi, Marie menegaskan, semua fasilitas dan infrastruktur yang tengah dibangun sudah dipastikan akan rampung.

"Bandara dan jalan layang sudah pasti akan selesai untuk menyambut para delegasi APEC," kata Mari. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya