Rumah Potong Hewan Butuh Peran Swasta

Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS
- Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, Selasa 25 Juni 2013, mencermati bahwa pengelolaan rumah potong hewan (RPH) mempunyai peran penting dalam memberi nilai tambah untuk produksi daging sapi dan industri makanan. Oleh karena itu, RPH ini bisa menjadi investasi strategis bagi para pengusaha.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

"Jangan lupa bahwa
Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada
intermediate industry . Mereka lah yang menjembatani proses sapi hidup menjadi sapi potong," ujar Bayu dalam acara diskusi bertajuk "
Beef Imports: Quote Issues under The WTO
" di Hotel JS Luwansa, Jakarta.


Menurut Bayu, RPH sangat membantu dalam proses pemotongan daging sapi, mulai dari penyembelihan sapi hidup menjadi potongan daging. "Siapa yang memotong daging menjadi ukuran 85 CL dan 65 CL, siapa yang memilah daging-daging. Lihatlah ini sebagai sisi investasi," kata Bayu.


Bayu yakin bahwa dengan memaksimalkan peran RPH, bisa meningkatkan produksi daging sapi. Misalnya, mempercepat produksi sapi potong untuk mencukupi permintaan dalam negeri.


"RPH kita berapa kapasitasnya?," kata Bayu.


Mengenai pasokan daging sapi, Bayu menambahkan, faktor sosiologi peternak juga memengaruhi. Namun, yang paling menjadi kendala adalah transportasi.


"Biaya transportasi hewan ternak dari Nusa Tenggara Timur ke Jakarta itu lebih mahal daripada biaya angkut hewan dari Darwin, Australia ke Jakarta. Jadi, masalahnya tidak berhenti pada pasokan sapi," kata Bayu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya