Mengelola Keuangan untuk Anak Muda

VIVAnews - Anak muda identik dengan hura-hura. Mereka terkesan tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Padahal mengelola keuangan sejak muda penting untuk mencapai kemandirian finansial.

"Untuk berhasil dalam kondisi ekonomi yang dinamis, generasi muda harus memiliki keahlian, pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mengelola keuangan pribadi dan memiliki pengetahuan mengelola keuangan secara umum. Mereka harus memiliki pendidikan yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan keuangan yang benar," kata Citi Country Officer Shariq Mukhtar dalam keterangan yang diterima VIVAnews, Jumat 20 Maret 2009.

Citibank sendiri telah memulai program pendidikan finansial yang bis amembantu ratusan kaum muda memiliki pengetahuan mengelola keuangan sehingga mendapatkan kesempatan terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan keuangannya di masa depan.

Shariq menjelaskan, pengeluaran generasi muda umumnya dipengaruhi faktor-faktor eksternal. Global Youth Survey mengindikasikan, 43 persen generasi muda di seluruh dunia melakukan pencarian online dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.

Sementara, 40 persen dari mereka mengambil keputusan berdasarkan masukan teman atau keluarga, dan 17 persen lainnya mengambil keputusan berdasarkan iklan di media. Di negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, sebagian besar pengeluaran generasi muda umumnya untuk transportasi, makanan, pergaulan, pakaian, dan rekening telepon.

Sebagian besar mereka mengaku kebiasaan-kebiasaan pengeluaran mereka suatu hari akan berubah, terutama saat menjelang mereka menikah. Namun pengakuan ini dianggap tidak memiliki dasar.

Program kemandirian yang diusung Citibank dirancang untuk membangun keahlian generasi muda di berbagai bidang, termasuk kemampuan untuk menentukan prioritas finansial jangka pendek, menengah dan jangka panjang, mengidentifikasi pemasukan dan pengeluaran untuk menetapkan dan menerapkan sebuah tujuan finansial yang realistis, serta mengevaluasi kemampuan dalam menghadapi permasalahan  pengelolaan finansial.

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo
Real Madrid vs Manchester City

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Manchester City akan menjamu Real Madrid dalam babak Perempat Final Liga Champions leg kedua di Stadion Etihad pada Kamis dini hari nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024