Carport Tanjung Priok Rampung April

VIVAnews -  Perluasan lahan carport terminal di Dermaga Koja Bahari, Tanjung Priok diperkirakan selesai bulan April. Pembangunan perluasan carport ini lebih cepat sebulan dari target sebelumnya Mei 2009.

Dengan demikian luas carport terminal menjadi 12,3 hektar, bertambah 5 hektar dari luas sebelumnya 7,3 hektar.

Dirut Pelindo II Abdullah Syaifuddin mengharapkan perluasan lahan akan meningkatkan kelancaran arus barang dan ekspor-impor kendaraan. "Jangan sampai terkendala penumpukan barang lagi dan dapat meningkatkan efisiensi," kata Abdullah, Jumat (20/11).

Berdasarkan data Pelindo, diperkirakan pada tahun 2011  arus ekspor impor mencapai 550.000 unit kendaraan per tahun. Sedangkan kapasitas saat ini hanya sekitar 350.000 unit kendaraan per tahun. "Sehingga perluasan memang urgent untuk dilakukan," kata Abdullah.

Kepala Unit Carport Terminal Tanjung Priok Gunta Prabawa menjelaskan saat ini kapasitas carport adalah 3.500 slot kendaraan sekali pakai. Adapun rata-rata pengendapan kendaraan selama 5 hari. Setiap hektar perluasan akan menambah kapasitas sebanyak 500 slot sekali pakai. "Jadi 5 hektar akan menambah kapasitas sebanyak 2500 slot," kata Gunta.

Pengerjaan perluasan lahan, pagi ini mendapat peninjauan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri BUMN Sofyan Djalil, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, dan Menhub Jusman Syafii Djamal. Jusuf Kalla mengapresiasi pengerjaan yang lebih cepat sebulan dari yang ditargetkan. "Penghasilan yang diperoleh pun sama dengan biaya pembangunan," kata Kalla.

Namun Dirut Pelindo II Abdullah Syaifuddin tidak menjelaskan total dana investasi perluasan lahan carport. "Saya tidak hafal," katanya.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024