Arus Mudik 2013, Penumpang Pesawat Naik 11,6 Persen

Pertumbuhan Penumpang Pesawat Udara
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews -
Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta
Menteri Perhubungan EE. Mangindaan, Kamis, 27 Juni 2013, memprediksi jumlah angkutan udara pada musim mudik tahun ini meningkat hingga 11,6 persen. Kementerian Perhubungan berencana untuk menambah kursi penumpang hingga 10 persen.
Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Mangindaan menjelaskan, presentase peningkatan penumpang angkutan udara tetap tertinggi dalam setiap penyelenggaraan arus mudik. "Yang mau naik angkutan udara itu banyak karena waktu lebaran yang sempit," katanya saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta.
Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum


Dalam siaran pers Kementerian Perhubungan, dijelaskan penumpang angkutan udara pada arus mudik tahun lalu mencapai 3.363.107 penumpang. Maka pada tahun ini diprediksi naik 11,7 persen menjadi 3.756.464 penumpang.


Pada bandara-bandara besar seperti Soekarno-Hatta, Jakarta dan Juanda, Surabaya yang bisa mencapai 25 persen. Meningkatnya jumlah penumpang akan diantisipai oleh pelaksanaan penerbangan tambahan (
extra flight
) oleh beberapa maskapai penerbangan.


Sementara, angkutan kereta api tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan 0,62 persen. Hal tersebut menurut Menhub lantaran jumlah perjalanan kereta api mengalami penambahan dan terdapat tambahan rangkaian kereta api.

 

"Tahun lalu yang terangkut sebanyak 3.102.386 sedangkan diperkirakan tahun ini menjadi 3.121.553 penumpang," kata Menhub.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya