Lima Negara Reputasi Terbaik dan Terburuk

Bendera Kanada
Sumber :
VIVAnews -
Hundreds of Buildings Affected by The Earthquake in West Sulawesi have been Renovated
The Reputation Institute kembali melansir peringkat negara dengan reputasi terbaik 2013. Kanada, negara di benua Amerika Utara, menjadi negara dengan reputasi terbaik di dunia.
4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Managing Partner Reputation Institute Spain and Latin America, Fernando Prado, Jumat 28 Juni 2013, menjelaskan, studi ini mensurvei 27 ribu orang di 50 negara selama Januari-Maret 2013 untuk mengukur tingkat kepercayaan, saling menghormati, kekaguman, dan 16 persepsi lainnya seperti keamanan turis, keindahan negaara, keramahan warga, pemerintahan yang efektif serta pertumbuhan ekonomi.
Viral Ramalan Hard Gumay Soal Chandrika Chika: Kurangi Aktivitas yang Banyak Melanggar Aturan


Hasilnya, Kanada berada di skor tertinggi sebagai negara yang memiliki reputasi terbaik. Semakin tinggi reputasi suatu negara, maka berkorelasi juga dengan tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi negara tersebut.


"Kanada memiliki kemampuan kunci dalam tiga kriteria utama, yaitu pemerintahan yang efektif, ekonomi yang maju dan lingkungan yang menarik," katanya.


Kanada mendapatkan skor 76,6 dari skala 100. Di bawah Kanada terdapat Swedia (76,5), Swiss (76,3), Australia (76,1), Norwegia (74,1). Sedangkan negara dengan reputasi terburuk adalah Rusia (36,7), Nigeria (34), Pakistan (28,8), Iran (22,6) dan Iraq (21,2).


Studi menunjukkan reputasi negara-negara pasar negara berkembang seperti Singapura, Taiwan, Peru, Brazil, Korea Selatan, Polandia dan Ukraini tumbuh dengan pesat. Terjadi redistribusi reputasi dari negara industri ke negara berkembang.


Studi juga menemukan bahwa responden mencirikan nilai negara reputasi terbaik dengan adanya stabilitas politik yang baik, standar hidup yang tinggi, dan kecilnya kesenjangan pendapatan warga.


Sementara negara-negara dengan kekuatan ekonomi dunia tidak ada satu pun yang masuk tiga besar peringkat negara dengan reputasi terbaik. Amerika serikat berada di peringkat 22, China di peringkat 44 sementara Jepang berada di peringkat 14.


"Walaupun penting, namun perekonomian suatu negara bukan faktor penentu dalam membangun reputasi baik," Executive Partner Reputation Institute, Nicolas Georges Trad.


Untuk mendapatkan reputasi yang bagus maka harus dapat mengelola realitas dan persepsi masyarakat yang tidak hanya faktor ekonomi tetapi juga politik, sosial dan budaya. Keseimbangan ketiganya akan membuat identitas suatu negara yang baik sehingga dapat bersaing dalam menarik turis, potensi dan investasi.


"Negara dengan reputasi yang bagus memiliki kondisi yang menguntungkan dibanding negara lain dengan reputasi yang lebih rendah," katanya.


Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam 50 negara yang disurvei oleh Reputation Institute. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya