Semen Indonesia Kucurkan Miliaran Rupiah Investasi di Vietnam

Menteri BUMN, Dahlan Iskan resmikan Semen Indonesia
Sumber :
  • Humas PT Semen Indonesia Tbk

VIVAnews - PT Semen Indonesia Tbk siap mengembangkan usaha di Vietnam untuk menjajal pasar produknya di kawasan Asia Tenggara.

Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, Jumat 28 Juni 2013, menyatakan bahwa pihaknya menyiapkan investasi miliaran dolar AS untuk memperbaiki fasilitas pelabuhan di Vietnam demi kemudahan aktivitas ekspor produknya.

"Ada kurang lebih Rp20-30 miliar atau 40-60 miliar Vietnam dong untuk memperbaiki fasilitas pemuatan di dermaga. Nantinya, produk semen dari pabrik kami bisa untuk ekspor," ujar Dwi di Jakarta.

Pada awal 2013, Semen Indonesia membeli sebagian besar saham sebuah perusahaan penghasil semen Vietnam, Thang Long Cement, sebesar US$350 juta. Menurut Dwi, Semen Indonesia menargetkan dari perusahaan itu produksi sebanyak 2,3 juta ton pada tahun ini.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Akuisisi itu dilakukan ketika BUMN ini masih belum berganti nama dari Semen Gresik menjadi Semen Indonesia.

"Nantinya ada 1,8 juta ton semen untuk konsumsi di Vietnam dan 500 ribu ton semen untuk diekspor ke negara Asia lain, seperti Bangladesh dan Srilanka," kata Dwi.

Namun, Dwi melanjutkan, hingga tujuh bulan, Semen Indonesia belum memperoleh keuntungan. Perusahaan itu cenderung merugi karena pinjaman dengan bunga yang amat tinggi dari bank setempat. "Bunga pinjaman dari bank lokal hingga di atas 20 persen," kata Dwi.

Oleh karena itu, Semen Indonesia menargetkan perolehan laba pada tahun depan. "Kami dalam proses penyehatan," kata Dwi. (art)

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

KPU menolak menanggapi tudingan dari kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud soal nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024