Hatta Ungkap Tiga Faktor Penyebab Gagalnya Sebuah Negara

Pemerintah Umumkan Kenaikan Harga BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, Selasa 2 Juli 2013, mengungkapkan bahwa ada tiga faktor yang menyebabkan gagalnya sebuah negara.
Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Pertama, lambannya pembangunan infrastruktur, sehingga akan menyebabkan biaya transportasi antardaerah semakin besar.
Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

"Kedua, gagalnya kemandirian pangan. Ketiga, adalah gagal dalam membangun sistem perlindungan sosial," kata Hatta dalam acara seminar "Kajian Tengah Tahun (KTT) Indef" di Grand Sahid Jaya, Jakarta.
Terungkap! Ini Identitas Selebgram Terjerat Kasus Narkoba di Jaksel, Salah Satunya Chandrika Chika

Untuk mengatasi ketiga faktor kegagalan tersebut, menurut dia, ada beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah. Salah satunya, mengoptimalkan kinerja sektor energi.

"Ada tiga hal yang perlu kita dalami. Pertama, sektor energi. Kedua, pangan, dan ketiga adalah sektor infrastruktur," ujar Hatta.

Hatta menambahkan, pada 2015, Indonesia akan masuk ke dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kondisi ini akan menjadi tantangan dan peluang bisnis yang kompleks bagi Indonesia.

"Dalam pasar tunggal ASEAN itu, kita menjadi production base. Yang menjadi pertanyaan, apakah Indonesia mampu menjadi production base atau malah jadi market base," tegasnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya