Tambang Terbuka Freeport Indonesia Telah Beroperasi Penuh

Presiden Director PT Freeport Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
PT Freeport Indonesia menyatakan tambang terbuka Grasberg di Papua Barat telah beroperasi dengan kapasitas penuh setelah sempat ditutup akibat ambruknya terowongan pada 15 Mei 2013 lalu yang menewaskan 28 orang.
Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

"Iya benar," kata Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik Soetjipto, saat ditanya apakah tambang terbuka telah beroperasi dengan kapastas penuh seperti dilansir
Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran
Reuters , Kamis 4 Juli 2013.


Pada akhir Juni 2013, Freeport mulai membuka kembali secara bertahap kegiatan tambang terbuka setelah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).


Sementara untuk tambang bawah tanah, Rozik menyatakan belum beroperasi kembali karena masih menunggu izin dari Kementerian ESDM. Untuk tambang terbuka, rata-rata Freeport menghasilkan 140-150 ton bijih tembaga per hari. Sementara produksi dari tambang bawah tanah sebesr 80 ribu ton per hari.


PT Freeport, tambah Rozik, terus melakukan penyelidikan atas kecelakaan tersebut, melalui tim investigasi internal dan akan menggunakan hasil investigasi Inspektorat Tambang Kementerian ESDM, tim khusus, dan tim internal untuk melakukan segala upaya perbaikan yang diperlukan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya