Sepi Pembeli, Harga Daging Sapi di Garut Turun

Pembeli Daging Sapi di Pasar BSD
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews – Harga daging sapi di Garut, Jawa Barat, yang semula Rp100 ribu lebih per kilogram turun menjadi Rp85 ribu. Penurunan harga juga terjadi pada daging ayam dan cabai, Selasa 16 Juli 2013.

Pedagang daging terbesar di pasar tradisional Ciawitali Garut, Euis (47 tahun), mengatakan Senin kemarin minat masyarakat untuk membeli daging menurun sehingga pedagang yang biasanya mampu menjual hingga 400 kg, kini hanya bisa menjual 300 kg saja.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

“Mungkin ini yang mengakibatkan harga daging sapi menurun, karena persediaan melimpah tapi pembeli berkurang,” ujar Euis.

Sementara harga daging ayam turun dari yang semula mencapai Rp40 ribu kini menjadi Rp35 ribu per kg. “Walaupun untuk daging ayam tak ada perubahan permintaan pembeli, tapi turun Rp5 ribu per kg, “ kata Euis.

Pedagang lainnya, Atin (41 tahun) menyatakan harga cabai juga turun. Harga cabai merah besar yang semula Rp75 ribu kini menjadi Rp35 ribu per kg, cabai merah gepeng dari Rp25 ribu menjadi Rp20 ribu per kg, cabai rawit dari Rp35 ribu menjadi Rp30 ribu per kg, dan cabai merah kriting dari Rp25 ribu menjadi Rp17 ribu per kg. “Kalau bawang putih masih stabil di harga Rp9 ribu per kg dan harga bawang merah Rp33 ribu per kg,” kata Atin.

Hal yang sama disampaikan Ade (22 tahun), pedagang sayuran. Menurutnya, harga wortel dari Rp16 ribu menjadi Rp10 ribu, kol dari Rp7 ribu menjadi Rp5 ribu, dan buncis dari Rp8 ribu menjadi Rp3 ribu per kg. “Harga sayuran mulai turun sejak masuk bulan puasa, dan hingga sekarang harganya terus melemah,” kata dia. (umi)

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024