Hatta Rajasa Ungkap Lima Tantangan Kader PAN

Pemerintah Umumkan Kenaikan Harga BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa, Sabtu 20 Juli 2013 menyampaikan lima tantangan besar yang akan dihadapi dan harus dijawab seluruh kader PAN demi membuat perubahan bagi bangsa Indonesia.

"Akan ada lima mega tren perubahan besar dunia, kita harus bisa manfaatkan untuk kemajuan bangsa kita dengan merebut kemenangan 2014," kata Hatta diacara Pembekalan Calon Anggota Legislatif (Caleg) PAN di Jakarta, Sabtu.

Ia menyebutkan, tantangan pertama adalah bahaya defisit anggaran yang terjadi di negara-negara besar seperti Amerika dan Eropa sehingga menyebabkan turunnya pertumbuhan ekonomi dunia. "Fenomena ini harus kita cermati, jangan sampai ini terjadi pada kita," ujarnya.

Selain itu, tantangan kedua terkait dengan pergeseran ekonomi dari negara maju ke negara berkembang. Beberapa negara maju mulai menunjukkan perubahan ekonomi yang signifikan seperti China, Jepang, Korea termasuk Indonesia.

"Ada pergeseran ekonomi, dari Barat ke Asia Timur dan negara ada kita di sana, ini terlihat dari pertumbuhan kita tinggi, di atas 6 persen juga menjadi kekuatan di regional," tegasnya.

Tidak hanya dari kekuatan ekonomi, tantangan lain yang menguntungkan negara asia adalah tingginya pertumbuhan masyarakat di usia produktif. "Beda dengan negara maju, ini peluangan dan tantangan kita," ujarnya.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Tantangan keempat bagaimana menciptakan integritas ekonomi global, sehingga seluruh masyarakat dapat menciptakan produk yang mampu bersaing di tingkat global. "Tahun 2015 semua serba terbuka, kalau negara kita tidak mampu bersaing, kita hanya akan menjadi pasar, bukan production base," tegas Hatta.

Tantangan terakhir yaitu strategi memadukan ekonomi dan teknologi. Dengan demikian, masyarakat Indonesia diharapkan mampu mengelola produksi dalam negeri.

"Tahun 2014, stop bahan mentah yang dijual di luar negeri, kalau tidak kita hanya menjadi budak, kalau ada teknologi di sana, manusia bisa drivennya," ucapnya. (umi)

Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024