BISNIS

Demokrat: Sebelum Jokowi, SBY Sudah Lakukan Blusukan

"SBY sudah lakukan sejak tahun 2004. Jadi itu bukan gaya Jokowi."
Selasa, 23 Juli 2013
Oleh : Aries Setiawan, Nila Chrisna Yulika
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menemui pengungsi korban gempa Aceh

VIVAnews - Blusukan atau kunjungan ke kampung-kampung dan langsung berinteraksi dengan warga identik dengan gaya kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Tak hanya saat memimpin Jakarta, Joko Widodo sudah melakukan blusukan ketika masih menjabat Wali Kota Solo. Rupanya, gaya blusukan Jokowi itu kembali mendapat perhatian.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf, Selasa 23 Juli 2013 mengatakan, blusukan seperti yang dilakukan Jokowi sudah dilakukan Susilo Bambang Yudhoyono sejak tahun 2004 lalu. Ketika SBY mencalonkan diri sebagai presiden.

"Banyak sekali pemimpin daerah yang blusukan sama rakyatnya. SBY sudah lakukan sejak tahun 2004. Jadi itu bukan gaya Jokowi," kata Nurhayati. Pada saat blusukan, kata Nurhayati, SBY tidak mengundang pers. Sehingga tidak dipublikasi.

Kata Nurhayati, banyak wali kota dan bupati lain di Indonesia yang lebih merakyat ketimbang Jokowi. Bahkan, katanya, Gubernur Jawa Timur Sukarwo lebih merakyat dan lebih natural ketimbang Jokowi.

Menurut Nurhayati, sudah menjadi kewajiban seorang pemimpin mendatangi dan bertemu langsung dengan rakyatnya. Begitu juga dengan Jokowi.

"Itu tanggung jawab dia sebagai gubernur terpilih. Yang jelas yang diharapkan bukti, bukan gaya blusukan apa yang sudah dikerjakan. Kalau klaim gaya blusukan Jokowi kurang pas, karena pemimpin punya kewajiban bertemu rakyatnya," tuturnya. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER