Anggaran Sodetan Ciliwung Dipangkas Rp200 Miliar, Apa Dampaknya?

Tanggul Kali Ciliwung di Jalan Jatinegara Barat terancam jebol
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf
VIVAnews -
Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana
Kementerian Pekerjaan Umum menjamin proyek sodetan Ciliwung tetap akan sesuai rencana walaupun DPR-RI memangkas anggaran sodetan Ciliwung dari Rp700 miliar menjadi Rp500 miliar.

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air (PSDA) Kementerian Pekerjaan Umum Arie Setiadi Moerwanto, Senin 29 Juli 2013, menjelaskan walaupun anggaran sodetan berkurang hingga Rp200 miliar namun secara detail hingga saat ini tidak ada pengurangan paket pekerjaan.
Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?


Hal ini dikarenakan ada pergeseran paket pekerjaan di dalam proyek sodetan Ciliwung dialihkan proyek normalisasi sungai. "Jadi tidak ada perubahan apapun baik secara teknis maupun detil panjang sodetan," katanya saat berbincang dengan
VIVAnews.


Ia menjelaskan, tender pelebaran pintu masuk dan keluar air yang ada di Kali Ciliwung dan Cipinang dialihkan ke anggaran normalisasi sungai Jakarta yang mencapai Rp1,2 trilun. Dana sebesar itu diharapkan dapat mengakomodasi pelebaran pintu air proyek anti banjir Jakarta ini.


Sodetan Ciliwung sendiri adalah bagian dari proyek normalisasi sungai Ciliwung senilai Rp1,9 triliun yang terbagi menjadi 5 paket. Sodetan sepanjang 2,1 kilometer ini nantinya akan dibangun dari Otista menuju Kanal Banjir Timur (KBT) melalui kali Cipinang untuk mengurangi debit puncak kali Ciliwung jika terjadi hujan lebat.


Sodetan Ciliwung dirancang untuk mengalirkan air sebanyak 60 meter kubik per detik dari Sungai Ciliwung menuju ke KBT. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya