VIDEO: Suzuki Bangun Pabrik Mobil Murah di Indonesia

Mobil MPV di Ajang IIMS 2012
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting
Produsen otomotif asal Jepang, Suzuki Motor berencana menambah investasi sebesar 100 miliar yen atau sekitar Rp10,3 triliun di Indonesia.
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Juru bicara Suzuki Motor Corp, Ei Mochizuki, menyatakan, investasi itu untuk pembangunan pabrik baru, guna mendongkrak penjualan di negara dengan populasi terbesar keempat dunia ini. Rencananya, pabrik baru ini khusus untuk memproduksi mobil kecil yang efisien bermesin 660cc, Wagon R.
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku


Pabrik baru ini direncanakan beroperasi 2014 dan akan meningkatkan kapasitas produksi pabrik Suzuki yang ada di Indonesia saat ini dari 150 ribu unit menjadi 200 ribu unit per tahun. Lihat videonya


Menurut dia, mobil Wagon R yang akan dijual di Indonesia akan berbeda dengan yang dijual di Jepang. Kapasitas mesin Wagon R yang dijual di Indonesia akan ditingkatkan. Selain itu, mobil murah Suzuki ini akan menyesuaikan peraturan
Low Cost Green Car
(LCGC) yang terbit pada Mei 2013.


Suzuki bersama Toyota dan Honda sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan mobil kecil dan murah di pasar negara berkembang dengan kelas menengah yang berkembang pesat seperti Indonesia.


Suzuki sempat memamerkan mobil murah dengan nama Wagon R G-II Concept di ajang Pekan Raya Jakarta 2013. Mobil itu juga kepergok tengah diuji di ruas jalan Tol Pondok Ranji, Tangerang.


Dalam spesifikasi yang dilansir Suzuki Indomobil Sales, ATPM Suzuki di Indonesia, Wagon R mengandalkan mesin berkapasitas 1.0 liter, 3 silinder yang menghasilkan 68 PS dan torsi 90 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan.


Di India, Wagon R memiliki 5 varian, termasuk yang menggunakan bahan bakar gas (BBG). Mobil lima penumpang itu dijual dengan harga 357.880 rupee atau sekitar Rp62 juta. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya