Penjarahan Marak, Pertamina Stop Aliran Minyak ke Plaju

Dirut Pertamina Karen Agustiawan Meninjau Lokasi Penjarahan
Sumber :
  • VIVAnews/Mohamad Teguh

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) menghentikan sementara aliran minyak mentah dari Tempino ke Plaju, Palembang, Sumatera Selatan. Hal ini dilakukan menyusul maraknya penjarahan minyak mentah di jalur pipa tersebut.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menuturkan, Pertamina akan mengalami kerugian yang besar jika aliran minyak mentah tidak dihentikan.
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

"Itu juga membahayakan operasi tersebut yang bisa meledak setiap saat," ujar Hatta di kantornya, Jakarta, Senin, 29 juli 2013.

Dia mengatakan, minyak baru akan dialirkan dengan dua syarat. Pertama, pipa yang dibolongi secara ilegal selesai diperbaiki. Dengan demikian keamanan operasional terjamin. Kedua, oknum yang melakukan pelanggaran tersebut segera diamankan dan ditindak tegas.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

"Kami meminta Direktur Utama Pertamina dan nanti akan berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk secepat mungkin mengoperasikan kembali," ucapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, memastikan penyetopan aliran minyak tersebut tidak menganggu kebutuhan di daerah tersebut khususnya menjelang Lebaran. "Pertamina punya stok build-up di tempat lain yang akan kami alihkan ke sana, dari pulau Jawa," katanya.

Sebelumnya, Karen mengungkapkan, dalam jangka panjang, aksi penjarahan minyak mentah ini akan mempengaruhi lifting minyak secara nasional. Padahal, saat ini, pemerintah sedang berusaha mati-matian meningkatkan lifting minyak. "Jadi, jaminan keamanan bagi aliran minyak mentah ini sangat penting bagi negara."

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir, penghentian pemompaan sumur Tempino secara langsung akan mengakibatkan produksi minyak mentah di sumur Bentayan juga tidak bisa dialirkan. Kondisi ini membuat total per hari ada 12 ribu barel minyak mentah yang tidak diolah.

Pertamina menetapkan status darurat untuk ruas pipa minyak baru Tempino–Plaju. Setelah sepekan beroperasi, ruas itu kembali menjadi objek penjarahan melalui illegal tapping yang masif dan terorganisasi dengan rata-rata losses hingga 18 persen. Bahkan telah menyentuh angka 39 persen dari sekitar 12.000 barel per hari minyak yang dialirkan.

Kondisi ini tentu mengancam proyek lifting minyak Indonesia. Pemerintah menargetkan lifting minyak sebanyak 840 ribu barel per hari dalam APBN-P 2013. Namun, realisasi produksi hingga pertengahan Juli 2013 baru mencapai 834 ribu barel per hari.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024