Pedagang Klaim Harga Bahan Pangan Mulai Turun

Pedagang daging sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - Pedagang pasar mengklaim bahwa harga daging sudah berangsur-angsur turun dari angka Rp95-100 ribu per kilogram. Kendati demikian, ada pasar yang masih menjual harga dagingnya di angka Rp95 ribu per kilogram.
Bawaslu soal Sidang Sengketa Pilpres 2024: Apapun Keputusannya Kami Ikuti

"Kalau daging, ada yang jual Rp90-92 ribu per kilogram dan baru hari ini turunnya," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia, Ngadiran, ketika dihubungi VIVAnews, Selasa 30 Juli 2013.
Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Ngadiran mengatakan bahwa harga ini berlaku di pasar-pasar tradisional, seperti Pasar Kebayoran Lama, Pasar Cipete, dan Pasar Mampang. Sementara itu, pasar yang masih menjual daging sapi dengan harga Rp95 ribu per kilogram adalah pasar Mayestik.
Kubu 03 Batal Hadirkan Kapolda, Yusril: Gara-gara Saya Gertak, Enggak Berani Muncul

Sementara itu, harga daging ayam juga sudah turun beberapa hari ini, yaitu berkisar Rp30-31 ribu per kilogram. Lalu, harga telur ayam berkisar Rp20 ribu per kilogram. Harga bawang merah pun sudah tidak bertengger di angka Rp70 ribu per kilogram. Harga komoditas pangan ini sudah turun di kisaran Rp48 ribu per kilogram.

"Ini terjadi di pasar-pasar umum (tradisional). Lagipula harganya juga mengikuti harga bawang merah di pasar induk (Pasar Induk Kramat Jati). Di pasar induk, harganya mungkin berkisar Rp40-42 ribu per kilogram," kata dia.

Bagaimana dengan cabai? Ngadiran mengklaim bahwa harga cabai sudah tidak begitu 'pedas'.

"Harga cabai merah keriting seharga Rp34-35 ribu per kilogram, cabai rawit hijau seharga Rp38 ribu per kilogram, sedangkan rawit merah seharga Rp43 ribu per kilogram. Memang harganya sempat tembus Rp100 ribu per kilogram, tetapi itu seminggu yang lalu," ujar Ngadiran. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya