BISNIS

Tips Aman Menutup Fasilitas Kartu Kredit di Bank

Nasabah sebaiknya datang ke bank untuk memastikan tidak ada tagihan.

ddd
Selasa, 30 Juli 2013, 15:40 Arinto Tri Wibowo, Nina Rahayu
Ilustrasi transaksi kartu kredit.
Ilustrasi transaksi kartu kredit. (REUTERS)
VIVAnews - Masalah penutupan fasilitas kartu kredit ternyata bukan persoalan sepele. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan nasabah dalam menutup layanan perbankan itu.

Upaya itu untuk mencegah kemungkinan munculnya tagihan di kemudian hari, karena masih ada transaksi kartu kredit yang belum tercatat. (Baca: Tagihan Kartu Kredit Muncul Setelah 8 Tahun Ditutup).

General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), Steve Martha, kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa 30 Juli 2013, mengungkapkan, dalam menutup fasilitas kartu kredit, nasabah harus datang ke bank dan memastikan tidak ada tagihan dalam kartu kredit.

"Sekarang, mungkin ada nasabah yang bingung, kartu sudah ditutup, kok masih ada transaksi," kata Steve.

Menurut Steve, kondisi itu bisa terjadi karena adanya jenis transaksi yang belum tercatat pada saat penutupan kartu kredit. Ia mencontohkan, ketika seorang nasabah melakukan transaksi pada siang hari, kemudian sore harinya melakukan penutupan rekening, secara otomatis data transaksi tersebut belum tercatat.

"Biasanya, transaksi itu disebut transaksi gantung, sehari belum tentu masuk. Kadang dua atau tiga hari. Makanya, ketika kartu sudah ditutup, kadang masih ada transaksi, nasabah juga kadang tidak tahu," ujarnya.

Untuk menghindari kejadian tersebut, Steve pun menyarankan agar nasabah kartu kredit lebih peduli terhadap jenis transaksinya. Kalau perlu, dilakukan pencatatan tiap kali bertransaksi. "Catat saja, jenis transaksinya dan kapan berlangsung, biar lebih jelas," ujarnya.

Selain itu, ia mengimbau agar nasabah yang berniat menutup fasilitas kartu kredit untuk memastikan tidak bertransaksi pada tanggal kartu ditutup. "Misalnya, Anda mau tutup kartu sore, paginya jangan dipakai transaksi. Sebab itu, akan jadi tagihan di bulan berikutnya," tutur Steve.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
nirwana15
30/07/2013
Halah AKKI juga orang bank makan gaji dari bank kok membela nasabah
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com