Juni, Kedatangan Wisatawan Asing Cetak Rekor

Destinasi Terbaik Untuk Liburan
Sumber :
  • www.talkmen.com
VIVAnews - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, Kamis 1 Agustus 2013, mengungkapkan bahwa wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia pada bulan Juni mencetak rekor baru.  
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Juni itu mencapai 789,6 ribu kunjungan dan ini meruapakan yang terbesar dalam beberapa puluh tahun belakangan," katanya di Jakarta.
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Angka ini, menurut Suryamin, meningkat 13,52 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu sebanyak 695,5 ribu kunjungan.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Suryamin menduga, kenaikan wisman ini karena banyaknya acara internasional yang digelar di Indonesia. Event tersebut, termasuk datangnya tim bola mancanegara yang banyak datang ke Indonesia.

Sementara itu, kenaikan tertinggi tercatat ada di Bandara Internasional Lombok, NTT sebesar 72,22 persen. Diikuti Bandara Adisucipto, Yogyakarta sebesar 43,07 persen, dan Bandara Minangkabau, Sumatera Barat sebesar 31,89 persen.

Walaupun demikian, Suryamin mengungkapkan ada juga enam pintu masuk yang mengalami penurunan. Penurunan tertinggi ada di Bandara Adi Sumarno, Jawa Tengah sebesar 35,24 persen dan pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau sebesar 1,96 persen.

Sementara itu, pada periode Januari-Juni 2013, jumlah kunjungan wisman mencapai 4,15 juta kunjungan atau naik 7,18 ersen dibanding kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya, yang berjumlah 3,88 juta kunjungan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya