MUI Tegaskan Solaria Belum Miliki Sertifikat Halal

Logo halal MUI
Sumber :

VIVAnews - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat, dan Kosmetika Majelis Utama Indonesia (LPPOM MUI), Jumat 2 Agustus 2013, menegaskan bahwa restoran Solaria belum memiliki sertifikasi halal.

Melalui situs halalmui.org, LPPOM MUI menyatakan bahwa pihaknya belum pernah melakukan pemeriksaan atas produk makanan atau minuman dan mengeluarkan sertifikat halal untuk restoran ini.

"LPPOM MUI belum pernah melakukan pemeriksaan atas produk makanan/minuman dan atau mengeluarkan sertifikat halal untuk restoran Solaria di mana pun, sehingga MUI tidak menjamin kehalalan makanan/minuman yang disajikan oleh restoran Solaria," demikian kutipan di situs tersebut.

Wakil Direktur LPPOM MUI, Osmena Goenawan, menjelaskan bahwa solaria bukan satu-satunya restoran yang belum mendapat sertifikasi halal dari MUI. "Memang masih banyak restoran yang belum disertifikasi. Salah satunya adalah Solaria," ujar Osmena saat dihubungi VIVAnews.

Dengan demikian, menurut Osmena, pengumuman ini disampaikan untuk menjawab kebingungan masyarakat serta demi melindungi konsumen dari makanan yang tidak terjamin kehalalannya.

Dia menambahkan, LPPOM MUI mengumumkan pernyataan ini karena telah mendapat banyak pertanyaan tentang kehalalan Solaria. "Kami juga mendapatkan informasi yang mengatakan restoran ini menggunakan angciu dan minyak babi," kata Osmena.

Dua bahan itu, Osmena melanjutkan, tergolong haram untuk dikonsumsi oleh umat Islam.

Solaria, Osmena melanjutkan, juga belum pernah mengajukan permohonan sertifikat halal kepada MUI. Hal ini, turut mendasari LPPOM MUI merilis pengumuman seperti disebutkan di atas tadi dalam situs halalmui.org. "Mereka memang belum mengajukan sertifikat halal," kata dia.

Untuk itu, LPOM MUI ini belum bisa menyatakan dan menjamin bahwa makanan di Solaria halal, karena belum pernah dilakukan audit terhadap restoran tersebut.

Padahal, kata Osmena, proses sertifikat itu sangat mudah dan pendaftarannya bisa melalui website dan online.

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

"Kalau datanya lengkap, sebulan selesai. Misalnya, seperti bahan yang digunakan apa, dagingnya dari mana dan bagaimana proses penyembelihannya. Lalu, kami juga datang meninjau dapurnya untuk memastikan dapurnya tercampur dengan bahan yang haram atau tidak," kata Osmena. (asp)

Babe Cabita

Terkuak! Kedermawanan Babe Cabita Diam-diam Beli Baju untuk Anak Panti Asuhan

Mendiang Babe Cabita kembali jadi sorotan menyusul dengan tindakannya. Ya diam-diam ternyata Babe Cabita suka berbagi kepada anak-anak panti asuhan.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024