BISNIS

Solaria: Kami Segera Urus Sertifikat Halal MUI

"Sama sekali tidak ada minyak babi yang kami gunakan."

ddd
Jum'at, 2 Agustus 2013, 14:32 Mohammad Adam, Arie Dwi Budiawati
Solaria akan segera urus Sertifikat Halal MUI. [Foto ilustrasi]
Solaria akan segera urus Sertifikat Halal MUI. [Foto ilustrasi]  

VIVAnews - Manajer Operasional Solaria, Dedy Nugraha, Jumat 2 Agustus 2013, mengakui bahwa restorannya memang belum mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Namun, Dedy menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera mengurus sertifikasi halal itu sebagai jaminan kehalalan makanan dan minuman yang disajikan di restorannya. Solaria sudah merencanakan untuk mengajukan permohonan sertifikat halal itu kepada MUI pada pertengahan Agustus 2013. "Kami pasti akan mengurusnya ke MUI," ujar Dedy ketika dihubungi VIVAnews.

Kenapa pertengahan Agustus baru diurus? Dedy menjelaskan, ini demi menyesuaikan jadwal agar tak terbentur tanggal libur Lebaran.

Selain itu, Dedy melanjutkan, kegiatan bisnis Solaria dipastikan meningkat menjelang maupun saat hari raya itu. Dia menambahkan, Solaria memang bukan pemain baru dalam bisnis restoran di Tanah Air. Kegiatan bisnis Solaria di Indonesia telah dirintis sejak 1995.

Meski terbilang lambat dalam mengurus sertifikat halal ini, menurut Dedy, ini masih lebih baik ketimbang tidak sama sekali.  "Bagi kami, tidak ada kata terlambat. Nawaitu atau niatnya kami mengurus sertifikat ini memang ada," kata Dedy.

Dedy menambahkan, menu-menu Solaria menggunakan bahan-bahan yang halal. Oleh karena itu, isu penggunaan minyak babi di Solaria adalah tidak benar.

"Saya tahu prosesnya dari awal, mulai dari bahan hingga pembuatannya. Sama sekali tidak ada minyak babi yang kami gunakan. Kami hanya menggunakan minyak kemasan. Kami juga tidak menggunakan minyak curah," kata Dedy.

Sebelumnya, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat, dan Kosmetika Majelis Utama Indonesia (LPPOM MUI), Jumat 2 Agustus 2013, menegaskan bahwa restoran Solaria belum memiliki sertifikasi halal.

Melalui situs halalmui.org, LPPOM MUI menyatakan bahwa pihaknya belum pernah melakukan pemeriksaan atas produk makanan atau minuman dan mengeluarkan sertifikat halal untuk restoran ini.

"LPPOM MUI belum pernah melakukan pemeriksaan atas produk makanan/minuman dan atau mengeluarkan sertifikat halal untuk restoran Solaria di mana pun, sehingga MUI tidak menjamin kehalalan makanan/minuman yang disajikan oleh restoran Solaria," demikian kutipan di situs tersebut. Selengkapnya baca di sini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
nirwana15
02/08/2013
Wah MuI kemaren habis ketipu bisnis emas sekarang mencari ganti nya dengan meningkatkan sertifikasi halal..
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com