Kernel Oil Dihapus dari Daftar Peserta Tender Migas

Aktivitas di Kernel Oil
Sumber :
  • kerneloil.com

VIVAnews - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) akan menghapus nama PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia (KOPL Indonesia) dari daftar peserta lelang pelaksana perdagangan migas yang dilakukan oleh SKK Migas.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Kernel Oil adalah perusahaan perdagangan minyak di Singapura, yang salah satu petingginya di Indonesia diduga terlibat suap.

Kepala SKK Migas, Johanes Widjonarko, Jumat 16 Agustus 2013, mengatakan, kepesertaan tender Kernel Oil berikutnya akan dihentikan hingga ada kejelasan. "Namun, seluruh kegiatan di industri hulu tidak berhenti, termasuk jadwal lelang dan lain-lain," kata Johanes di Gedung City Plaza, Jakarta.  

Dia menjelaskan, Kernel Oil memang sering terdaftar sebagai peserta tender dalam sejumlah proyek perdagangan produk minyak yang dilakukan SKK Migas. Namun, Johanes tidak menjelaskan kapan nama Kernel Oil mulai masuk dalam data tender oleh SKK Migas.

"Yang saya tahu, pada 2013, Kernel tidak pernah menang tender. Untuk tahun sebelumnya, saya tidak bisa pastikan, karena harus lihat datanya dulu," tegasnya.

Sementara itu, untuk mencegah tindak penyuapan, Johanes akan memperbaiki kode etik bagi para pimpinan dan karyawan. Nantinya, kode etik tersebut menjadi acuan bagi karyawan dalam melaksanakan tugasnya.

"Kami memiliki banyak peraturan. Yang akan kami review banyak, termasuk pedoman tata kerja nomor 007 tentang pengadaan barang," tuturnya.

Dia menegaskan, semua peraturan dan tata kerja yang berpeluang terjadinya penyuapan, akan segera dikaji ulang.

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi menangkap tangan mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini, pada Selasa malam, 13 Agustus 2013. Rudi ditangkap terkait dugaan suap senilai ratusan ribu dolar AS.

Rudi ditangkap di kediamannya di Jalan Brawijaya VIII No 30, Jakarta Selatan. Dari kediaman Rudi, KPK menyita uang US$490 ribu dan Sin$127 ribu serta satu unit motor gede (moge) merek BMW.

Selain Rudi, KPK menangkap Deviardi alias Ardi, orang dekat kepala SKK Migas itu. Dari rumah Ardi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, KPK menyita uang US$200 ribu.

Terkait dugaan suap itu, KPK juga menangkap petinggi PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia (KOPL Indonesia), Simon G Tanjaya. Simon diduga sebagai pemberi uang suap kepada Rudi melalui Ardi. (sj)

Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron melaporkan salah satu Anggota Dewas KPK, Albertina Ho ke Dewan Pengawas KPK. Ghufron melaporkan anggota Dewas KPK terkait dugaan penyalahgu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024