Sistem Sinyal KA Double Track Jakarta-Surabaya Baru Beres Tahun Depan

Pembangunan jalur ganda kereta Serpong-Maja
Sumber :
  • Antara/ M Iqbal
VIVAnews - Jalur kereta ganda (double track) Jakarta-Surabaya ditargetkan pemerintah akan rampung paling lambat pada akhir 2013 ini. Namun, PT LEN mengaku baru dapat menyelesaikan sistem sinyal dari Cirebon hingga Surabaya tahun depan.
5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

"Kami mendapat tender dari Cirebon hingga Pekalongan dengan total 56 stasiun," kata Corporate Communication PT LEN, Boby Sumarsono, di Jakarta, Senin 19 Agustus 2013.
Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Sistem sinyal yang ditenderkan itu adalah interlocking dan central train control. Total keseluruhan proyek ini sebesar Rp1,8 triliun.
Prabowo: Saya Akan Bekerja untuk Seluruh Rakyat Indonesia, Termasuk yang Tidak Pilih Saya

Tender, kata Boby, baru dimenangkan perusahaannya untuk jalur Cirebon-Semarang dan Semarang-Bojonegoro pada tahun lalu. Sedangkan untuk Bojonegoro-Surabaya tendernya baru diumumkan awal tahun ini.

Sebelum bisa mengerjakan persinyalan ini, PT LEN haruslah melakukan studi terlebih dahulu. Studi itu normalnya dilakukan dalam satu tahun. Dijadwalkan, persinyalan Bojonegoro-Surabaya baru terpasang sebelum Juni 2014.

"Setelah itu akan dilakukan pengetesan dan mudah-mudahan pada Agustus sudah selesai sesuai jadwal," ujarnya.

Hingga saat ini, dari 56 stasiun yang harus digarap persinyalannya oleh PT LEN, baru enam yang sudah selesai sepenuhnya. Sedangkan sisanya dikerjakan secara paralel.

Dari total 50 stasiun dari Cirebon-Surabaya, yang belum terpasang sistem persinyalannya ada sekitar 30 persen. Namun, Boby memastikan hal ini tidak akan mengganggu operasi kereta.

"Untuk double track ada sistem mekanik, sehingga bisa dioperasikan secara manual dan tidak akan mengganggu operasi kereta," katanya. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya