Rupiah Melemah, Bank Bersiap Naikkan Suku Bunga

Investor Summit 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pelemahan rupiah yang terus terjadi dalam dua hari terakhir membuat berbagai bank mulai berhitung dan berancang-ancang untuk memberikan suku bunga yang kompetitif. Salah satunya adalah PT Bank Tabunan Negara Tbk (BTN).

"Bank akan menaikkan suku bunga seperti bunga deposito agar dana yang sudah masuk tidak lari ke luar," kata Direktur Consumer and Banking BTN, Irman A. Zahiruddin, Selasa 20 Agustus 2013.

Selain itu, ia juga memperkirakan, melemahnya nilai tukar akan membuat perlambatan permohonan kredit perumahan dan masyarakat akan menunggu hingga rupiah kembali stabil.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

"Penyaluran kredit rumah akan semakin melambat, mengingat Bank Indonesia telah mengeluarkan aturan pengetatan kredit perumahan," ujarnya.

Melemahnya rupiah, Irman menambahkan, juga akan mendorong naiknya harga berbagai produk impor. Hal itu, tentunya akan berpengaruh ke harga rumah karena barang impor tersebut termasuk dalam bahan dasar pembangunan rumah mewah.

"Dolar naik, harga properti ikut naik jika rumahnya mewah dengan bahan baku impor, " ujarnya. (asp)

Ilustrasi bermain game online.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Dalam era digital yang semakin maju, game online telah menjadi salah satu bentuk hiburan yang paling populer. Namun, kecanduan game online bisa berdampak negatif.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024