Rupiah Anjlok, Presiden SBY Gelar Rapat

SBY pimpin rapat terbatas kabinet bahas RUU Pemda
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengelar rapat kabinet terbatas pagi ini, Rabu 21 Agustus 2013. Rapat tersebut, mengagendakan langkah yang akan diambil pemerintah dan Bank Indonesia terkait anjloknya nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat saat ini.
3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah, saat ditemui di kantor Presiden mengungkapkan, Presiden SBY telah menginstruksikan Menteri Keuangan untuk berkoordinasi dengan otoritas terkait guna memperkuat stabilitas sistem keuangan.
Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Sebab, kata dia, tekanan global bukan hanya menghantam rupiah, tetapi juga menekan indeks harga saham gabungan.  
Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

"2008 kan, kita melakukan mekanisme mitigasi dampak krisis ekonomi global. Hal itu juga akan dilakukan pada saat-saat ini, bagaimana penguatan kebijakan fiskal dan korelasinya terhadap kebijakan moneter," ujarnya.

Di termpat yang sama, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menegaskan, pihaknya terus mewaspadai dampak dari tekanan global yang terjadi saat ini.

Dirinya juga menjamin akan terus menjaga stabilitas sistem keuangan di Indonesia. "Kita akan jaga inflasi, dan tentu menjaga terjadinya pertumbuhan ekonomi tetapi yang sustainable," katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah kongkret guna meredam gejolak ini. Namun, harus dikoordinasikan oleh segala pihak terlebih dahulu sebelum diterapkan

"Intinya, pemerintah memperhatikan terus dan menyiapkan policy response," ujarnya. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya