Hadapi Krisis Rupiah, SBY Ajak Pengusaha Perkuat Sinergi

Rapat Terbatas Presiden, Wapres dan Menteri Koordinator
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar rapat terbatas dengan para menteri-menteri bidang ekonomi. Namun, tidak seperti biasanya, dalam rapat hari ini, Jumat 23 Agustus 2013, Presiden mengundang para pelaku usaha.
Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Presiden mengungkapkan, keterlibatan para pengusaha dalam rapat hari ini dilakukan guna memperkuat sinergi dengan pemerintah. Khususnya, dalam meredam tekanan ekonomi saat ini yang terpengaruh kondisi global.
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

"Mari kita lakukan lagi kebersamaan, sinergi, dan upaya bersama untuk mengatasi serta mengelola perekonomian yang sekali lagi mengalami gejolak seperti saat ini," ujarnya.
Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Presiden mengaku telah membaca draf paket kebijakan yang telah diramu para menteri bidang ekonomi selama beberapa hari ini. Solusi kebijakan tersebut antara lain, terkait dengan penyelesaian masalah pelemahan nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dan cara menekan defisit neraca berjalan yang dialami saat ini.

"Tadi pagi, saya minta dijalankan. Kalau sudah dijalankan, tidak boleh ada hambatan apa pun," tambah SBY.

Ditemui di tempat yang sama, Wakil Ketua Kadin Indonesia, Anton J Supit, mengungkapkan, pertemuan dengan Presiden hari ini mempertegas komitmen para pengusaha yang mendukung apa pun kebijakan pemerintah.

Segala solusi yang direkomendasikan para pengusaha, menurut dia, telah disampaikan dalam rapat yang dilakukan dunia usaha dengan para menteri bidang ekonomi yang dilakukan semalam.

Untuk itu, dia berharap, apa pun keputusan yang diambil Presiden hari ini adalah yang terbaik bagi semua pihak. "Ini kan formalnya saja, semalam kan belum resmi komitmennya, sekarang baru diresmikan," tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, perwakilan dunia usaha yang hadir antara lain, Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi, Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto, Rahmat Gobel, dan Anton J Supit. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya