BISNIS

BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2014 Jadi 6,4%

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi mencapai 6,8 persen.

ddd
Rabu, 28 Agustus 2013, 18:19 Antique, Nina Rahayu
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (ANTARA/Rosa Panggabean)
VIVAnews - Bank Indonesia menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi 2014 berada dikisaran 6,0 hingga 6,4 persen. Sebelumnya, BI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi mencapai 6,4 hingga 6,8 persen.

Gubernur Bank Indonesia Agus MArtowardojo, Rabu 28 Agustus 2013, mengungkapkan bahwa penurunan tersebut adalah respon terhadap situasi global yang sedang terjadi.

"Memang untuk 2014, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional mulai membaik, meskipun risiko pelemahan global masih tetap mendapat perhatian," kata Agus di Gedung DPR RI, Jakarta.

Dari sisi global, lanjut Agus, didasari dengan harapan menguatnya ekonomi dunia yang dimotori membaiknya ekonomi Amerika Serikat dan Jepang. Tentunya, meskipun bisa ke bawah, namun pertumbuhan ekonomi 2014 jauh lebih baik dibanding dengan tahun ini.

"Kami juga memperkirakan harga komoditas dunia kembali meningkat, didorong naiknya pertumbuhan ekonomi global tersebut," tegasnya.

Dengan prospek tersebut, Agus berharap, ekspor nasional kembali meningkat pada tahun depan. Selain itu, perbaikan ekonomi 2014 tersebut juga ditopang peningkatan permintaan domestik, baik konsumsi rumah tangga maupun investasi.

"Perbaikan prospek konsumsi rumah tangga didorong perbaikan daya beli masyarakat, sejalan dengan peningkatan pendapatan dan penurunan inflasi dan dampak positif dari Pemilu 2014," ungkapnya. (sj)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com