Kenaikan Tarif Tol Bisa Picu Inflasi Lebih Tinggi

pemudik melintas di jalan tol Semarang-Solo seksi II ruas Ungaran-Bawen
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo
VIVAnews
Profil Selebgram Chandrika Chika yang Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba
- Beberapa ruas jalan tol milik PT Jasa Marga Persero akan mengalami kenaikan tarif pada akhir bulan September. Hal ini ditengarai dapat memicu inflasi.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, BPS, Sasmito Hadi Wibowo, Senin 2 September 2013, menyatakan bahwa merujuk pada undang-undang, kenaikan tarif tol ini jika berdasarkan inflasi dua tahun terakhir dapat mencapai lebih dari 10 persen.
Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23


"Karena inflasi 2013 ini tinggi, year over year mencapai 8,6 persen, misalnya inflasi 2012 itu 4 persen saja, berarti 8,6 tambah 4 udah 12 persen. Kenaikan  tarifnya bisa sebesar itu," ujar Sasmito di kantornya, Jakarta.


Sebagai salah satu komponen pemicu inflasi, menurut Sasmito, kenaikan tarif tol ini harus diwaspadai. Pihak otoritas terkait seharusnya mencari momentum yang tepat untuk merealisasikan kebijakan tersebut.


"Saya setuju bahwa kenaikan tarif tol harus hati-hati," kata Sasmito.


Menurut dia, ketentuan pengatur kenaikan tarif ini sudah tidak relevan. Apabila mengacu pada inflasi umum, maka kenaikannya pasti akan tinggi.


"Jalan tol itu komoditasnya konstruksi, lebih baik kita kan keluarkan saja indeks harga bangunan konstruksi seperti aspal dan segala macam," kata Sasmito.


Kontribusi kenaikan tarif tol memicu inflasi berkisar 0,01-0,03 persen. Meskipun kecil, tapi jika kenaikanya besar akan memicu inflasi lebih tinggi dari yang diperkirakan.


"Artinya kalau pengeluaran rumah tangga kira-kira Rp 1 juta, itu paling Rp1.000 atau Rp2.000 lah. Tapi kalau naiknya tinggi, kan lumayan juga," kata Sasmito.


Sebelumnya, PT Jasa Marga Tbk, Senin 2 September 2013, menyatakan bahwa perseroan akan bekerja keras untuk melakukan sejumlah perbaikan dan peningkatan layanan pada beberapa ruas tol agar memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) menjelang kenaikan tarif tol. (baca: ).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya