Hatta: Peran Swasta Bangun Infrastruktur Masih Kecil

Islamic Book Fair 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, Selasa 3 September 2013, menyatakan bahwa peran swasta dalam mendorong pembangunan Indonesia khususnya bidang infrastruktur masih kecil. 

Antisipasi Dampak Buruk Konflik Iran-Israel, Pemerintah Wajib Simak 3 Saran Kebijakan Ekonomi Ini

Hatta menjelaskan, sejak Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dicanangkan pada 2011, total investasi yang sudah direalisasikan mencapai Rp647 triliun. Dari capaian itu, swasta menyumbang Rp231,9 triliun
Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas


"Kalau kami bedah lagi peran swasta khusus untuk pembangunan infrastruktur baru Rp14 triliun. Itu harus didorong, porsinya kecil," ujar Hatta di kantornya, Jakarta.


Menurut Hatta, perlu ada terobosan yang dapat merangsang peran swasta tersebut lebih meningkat. Upaya itu diharapkan dapat mendatangkan investasi yang mampu memberi manfaat bagi Indonesia.


"Perlu insentif untuk dorong minat swasta bangun infrastruktur," kata Hatta.


Hingga Juli 2013, Hatta menambahkan, total investasi yang telah divalidasi dan akan segera direalisasikan dalam koridor MP3EI mencapai sekitar Rp4.000 triliun. Investasi tersebut akan direalisasikan hingga 2025.


Di sisi lain, kata Hatta, peran perusahaan pelat merah dalam MP3EI semakin meningkat, khususnya dalam membangun infrastruktur.


"Dari Rp173 triliun investasi BUMN, untuk infrastruktur mencapai Rp105 triliun. Sementara itu, pemerintah Rp99 triliun, semuanya untuk infrastruktur," kata Hatta.


Dalam upaya pemerataan pembangunan, kegiatan investasi yang masuk dalam MP3EI didominasi pada daerah di luar Pulau Jawa.


"Jawa 30 persen, 70 persen di luar Jawa. Di Sumatera Rp117 triliun, Kalimantan Rp167 triliun, Sulawesi Rp27 triliun, Bali dan Nusa Tenggara Rp43 triliun, serta Papua Rp10,8 triliun," kata Hatta. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya