Chatib: Dino Patti Djalal Layak Jadi Kepala BKPM

Dubes RI untuk AS, Dino Patti Djalal.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVAnews
Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut
- Nama Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal disebut-sebut sebagai calon kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Saat ini, jabatan kepala BKPM masih dirangkap Chatib Basri yang telah diangkat menjadi menteri keuangan.

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur

Ketika dikonfirmasi, Chatib yang ditemui Selasa 3 September 2013, mengaku belum mengetahui kabar tersebut. "Saya tidak tahu, informasinya dari siapa? Saya belum ketemu Pak Dino," kata Chatib di Gedung DPR RI, Jakarta.
Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya


Namun, menurut dia, sosok Dino sangat berkompeten menjadi kepala BKPM. Selama menjabat sebagai Duta Besar, Dino mampu melakukan diplomasi dengan investor besar asal Amerika.


"Saya kenal Pak Dino, dia baik. Bahkan, akhir tahun lalu, Dino mampu menggaet investor Amerika untuk menjajaki investasi di Indonesia. Kalau soal kapasitas, Pak Dino sudah punya," ujarnya.


Jika Dino terpilih menjadi kepala BKPM, Chatib melanjutkan, mantan Juru Bicara Kepresidenan itu akan memiliki tugas cukup berat. Dino harus mengatasi defisit transaksi berjalan yang masih terjadi saat ini.


"Pekerjaannya penting sekali. Defisit transaksi berjalan masih terjadi, bahkan sampai akhir tahun, meskipun jumlahnya mengecil," tuturnya.


Kepala BKPM, dia menambahkan, harus mampu menutup defisit itu dengan neraca modal. Dan, neraca modal itu dari penanaman modal asing (PMA). (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya