Calon Deputi Gubernur Senior BI Paparkan Kestabilan Sistem Keuangan

Bank Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban
- Komisi XI DPR RI melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon Deputi Gubenur Senior Bank Indonesia terhadap Anton Hermanto Gunawan, Selasa 3 September 2013.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Anton yang menjabat sebagai Kepala Ekonom Bank Danamon ini mengawali paparannya dengan membahas tentang kestabilan sistem keuangan.
7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia


"Sistem pembayaran menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Kami lihat stabiilitas makro dan moneter tidak dapat terlepas dari kinerja transaksi berjalan, sehingga kredibilitas kebijakan moneter merupakan kompenen penting di Bank Indonesia," ujar Anton di Gedung DPR RI, Jakarta.


Dari sisi keuangan, Anton menyinggung soal harmonisasi antara BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diperlukan dalam mengawasi kesehatan perbankan. Seperti diketahui, tahun depan sistem perbankan akan diawasi oleh OJK.


"Pengalihan pengawasan ke OJK yang akan dilaksanakan tahun depan itu menjadi agenda yang sangat penting dan pencapaian sistem pembayaran, termasuk kehandalan dari sistem," kata Anton.


Dalam uji kepatutan dan kelayakan ini Anton bersaing dengan Kepala Eksekutif Lembaga penjaminan Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara untuk jabatan deputi gubernur senior BI yang ditinggalkan oleh Darmin Nasution. Masa jabatan Deputi Gubernur Senior BI ini hanya sampai 2014. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya