"Kementerian Pertanian Tak Serius Tangani Kedelai"

Produksi Rumahan Kedelai dan Tempe
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
- Kementerian Pertanian dinilai tidak serius menggenjot produksi kedelai. Alasan keterbatasan lahan jadi alasan kementerian ini.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

"Kementan (Kementerian Pertanian) tidak punya target untuk swasembada kedelai. Selain itu, mereka tidak serius menggenjot produksi," kata Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartanti, dalam diskusi "Gejolak Harga Kedelai: Analisis Kartel dan Monopoli" di Universitas Paramadina, Jakarta, Selasa 10 September 2013.
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House


Enny menilai Indonesia seharusnya menjadi pemasok kedelai, bukan pengimpor kedelai, karena negara ini mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Dengan kondisi itu seharusnya produktivitas kedelai dalam negeri bisa lebih tinggao dibandingkan negara lain. Jadi alasan keterbatasan lahan dinilai tidak tepat.


"Produktivitas kedelai di Indonesia cuma 1,3 juta ton per hektar, sedangkan di Amerika sebesar 2,7 juta ton per hektar," kata dia.


Produktivitas kedelai Indonesia seharusnya bisa melebihi Amerika Serikat apabila dikembangkan secara lebih baik. Minimnya insentif diduga salah satu masalah yang membuat gairah petani menanam kedelai merosot.


"Kalau fokus pada pengembangan, produktivitas kita bisa di atas 3 juta ton per hektar. Misalnya di daerah Wilis dan Baluran," kata dia.  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya