BI Revisi Pertumbuhan Ekonomi Jadi 5,9 Persen

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi
- Bank Indonesia merevisi ke bawah perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 menjadi 5,5-5,9 persen dari semula 5,8-6,2 persen. Revisi tersebut karena ada indikasi penurunan konsumsi rumah tangga pada semester II tahun ini.
Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi A Johansyah, di kantornya mengatakan, revisi tersebut merupakan keputusan dari rapat dewan gubernur (RDG) pada hari ini, Kamis 12 September 2013.
Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS


Difi menjelaskan, indikasi penurunan konsumsi rumah tangga tersebut merupakan hasil dari berbagai survei BI antara lain survei penjualan eceran dan survei keyakinan konsumen.


"Berbagai indikator investasi seperti impor barang modal, penjualan alat-alat berat, dan konsumsi listrik industri manufaktur mengonfirmasi bahwa investasi nonbangunan diperkirakan berkontraksi pada semester II-2013," ujarnya.


Difi mengatakan, dari sisi eksternal, ekspor riil diperkirakan membaik di tengah masih melemahnya harga-harga komoditas ekspor Indonesia saat ini.


Namun, ke depan, sejalan dengan prospek ekonomi global yang tidak sekuat perkiraan semula, Bank Indonesia juga merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi 2014 menjadi 5,8-6,2 persen dari semula 6,0-6,4 persen.


Sementara itu, inflasi diperkirakan masih di kisaran 9-9,8 persen. Pada September 2013, inflasi akan sangat rendah dan cendurung menurun.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya