Mahendra Mulai Singgung Target Investasi Tahun Ini

Kunjungan Mahendra Siregar ke VIVA.co.id.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini
- Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diprediksi melambat. Namun, pemerintah optimistis target investasi 2013 sebesar Rp390 triliun dapat tercapai.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Untuk itu, Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar, pada Senin 23 September 2013, mengatakan, pemerintah terus mewaspadai isu kebijakan pelonggaran moneter yang dilakukan bank sentral AS atau The Federal Reserve.
Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi


"Semua sadar, kebijakan pelonggaran moneter di AS tidak permanen dan akan dicabut juga," ujar Mahendra yang disebut-sebut telah ditunjuk sebagai kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu di Jakarta.


Dia menjelaskan, jika The Fed mencabut kebijakan itu, Indonesia juga harus bersiap diri. Pemerintah bisa fokus pada dampak yang ditimbulkan pada sektor keuangan dan perbankan, serta pasar modal.


Pemerintah, menurut dia, juga menyadari potensi perlambatan investasi tahun depan. Apalagi, kebijakan bank sentral AS untuk mengurangi pembelian surat berharga itu, cepat atau lambat akan dilakukan.


Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, selain penguatan sektor keuangan dan pasar modal, pemerintah, dia melanjutkan, juga memperkuat sektor riil. "Ini untuk menjaga stabilitas sektor keuangan dan reformasi sektor riil," jelas Mahendra. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya