Pemerintah Kaji Insentif Angkutan Umum

MS Hidayat Berduka
Sumber :
  • Tudji Martudji/VIVAnews
VIVAnews
Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS
- Setelah mengeluarkan aturan mobil murah dan ramah lingkungan (
low cost green car
Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya
/LCGC), pemerintah akan mengeluarkan insentif untuk transportasi umum. Melalui insentif ini, tarif bus diharapkan lebih murah.
Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, Selasa 24 September 2013, menyatakan, insentif ini akan diberikan kepada perusahaan transportasi yang akan meregenerasi armadanya.


"Menteri Perhubungan meminta agar itu dirundingkan kepada Menteri Keuangan agar tarif bus-bus jadi murah, yang bisa dicapai dengan cara diberikan insentif," ujar Hidayat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.


Bentuk insentifnya, ia melanjutkan, salah satunya dengan subsidi kredit bagi perusahaan dalam pembelian bus baru. "Nanti juga ditetapkan kriterianya oleh Kemenhub. Mana saja yang boleh," kata Hidayat.


Selain untuk menjaga lingkungan, peremajaan armada transportasi bus harus dilakukan guna meningkatkan pelayanan umum bagi masyarakat. "Diberikan supaya tidak menaikkan tarif," kata Hidayat.


Oleh karena itu, ia berharap insentif ini dapat segera disepakati dan akhirnya dikeluarkan kebijakan pemerintah. "Saya sudah
janjian
dengan Kemenkeu, mungkin pekan depan kami cari jalan," kata Hidayat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya