Jumlah Orang Kaya di China Tahun Ini Meningkat

Wang Jianlin
Sumber :
  • Forbes
VIVAnews
Top Trending: Video Ceramah Sholat Idul Fitri Singgung Politik hingga 4 Ribu Pengendara Kena Tilang
- Forbes China merilis daftar orang kaya untuk tahun 2013 yang meningkat di negara itu. Miliarder di China kini tercatat dalam daftar tersebut ada sebanyak 186 orang, melebihi jumlah 146 pada tahun 2011 dan 113 pada tahun 2012.
Puncak Arus Balik, Polda Banten Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Seperti diberitakan laman web
Kisah Perjuangan Petugas Tambat Kapal, Sigap Tarik Tambang Jumbo hingga Pertaruhkan Nyawa
Fobes, Rabu 16 Oktober 2013, peningkatan jumlah orang kaya di Negeri Tirai Bambu ini semakin menaikkan reputasi dan posisi China sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan miliarder tercepat dalam kurun satu dekade terakhir.


Wang Jianlin, pengusaha real estate dan pemimpin Dalian Wanda Group, posisinya naik menjadi nomor 1 dalam urutan Fobes China Rich List edisi 2013. Sebelumnya, Wang menempati posisi nomor 3 dalam daftar itu. Kekayaan Wang diperkirakan senilai US$14,1 miliar, naik US$8 miliar dalam setahun, di tengah situasi pemulihan pasar real estate di China.


Sekedar catatan, Wang pada September lalu mendatangkan bintang film seperti Leonardo Dicaprio, Nicole Kidman, dan sejumlah selebriti internasional lainnya untuk menghadiri peluncuran sebuah kompleks mini Hollywood di Kota Qingdao, China Timur.


Kekayaan Wang yang diperkirakan berjumlah US$14,1 miliar itu dinilai sebagai yang terbesar sehingga menempatkan dalam urutan teratas Forbes China sejak 2007 ketika Yan Huijan sebagai pengembang real estate menempati posisi puncak daftar dengan kekayaan mencapai US$16,2 miliar.


Yan merupakan wakil ketua grup usaha keluarga di Hongkong, Country Garden, memiliki kekayaan senilai US$7,2 miliar tahun ini dan menempati peringkat pertama sebagai perempuan terkaya di China.


Kenaikan kekayaan Wang dan Yan merupakan bagian dari lonjakan 35 persen dari kemakmuran 400 orang kaya di beberapa negara yang totalnya mencapai US$570 miliar tahun ini.


China telah dalam beberapa tahun terakhir menjadi negara dengan pengguna ponsel dan internet terbesar.

Internet telah menghasilkan beberapa peningkatan terbesar dalam kekayaan di top 100. Tiga raja internet di China antara lain CEO Baidu Robin Li, CEO Tencent Ma Huateng, Pimpinan Alibaba Group Jack Ma, juga masuk dalam daftar miliarder China tahun ini, masing-masing berada di posisi nomor 3, nomor 5, dan nomor 7.


Ketiganya menikmati keuntungan besar di tahun ini karena masing-masing bergerak secara agresif untuk membangun kesuksesan dalam persaingan.


China saat ini juga pasar mobil terbesar di dunia, dan delapan orang dari top 100 yang memiliki hubungan dengan industri otomotif menikmati peningkatan kekayaan. Antara lain adalah Wei Jianjun, ketua Great Wall Motor, yang masuk peringkat nomor 6 dengan kekayaan senilai US$9 miliar.


Pada tahun di mana polusi sering mendominasi berita utama China, pengusaha energi terbarukan Li Hejun dari Hanergy Holding Beijing yang merupakan pendatang baru bisa masuk peringkat dalam daftar tahun ini dengan kekayaan yang diperkirakan senilai US$10,9 miliar.


Kota di mana anda paling mungkin untuk berpapasan dengan seorang yang masuk dalam Forbes China Rich List adalah Beijing dengan 58 orang, kemudian Shanghai dengan 37 orang.


Yan Huiyan dan Li Zhaohui dari Haixin Industrial yang berusia  32 tahun, dinobatkan sebagai orang kaya termuda dalam daftar tahun ini. Adapun orang kaya tertua adalah Yao Junhuo dari Grup Energi Meijin dengan usia 82 tahun.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya