Produk Tekstil Banyak Diburu di Trade Expo Indonesia

Gita Wirjawan pada penutupan Trade Expo Indonesia (TEI) 2011
Sumber :
  • Kementerian Perdagangan

VIVAnews - Trade Expo Indonesia (TEI) 2013 baru memasuki hari kedua. Namun, nilai transaksi pada hari pertama sudah mencapai belasan juta dolar.

"Hari pertama, transaksi yang sudah tercatat senilai US$13,33 juta, atau sekitar Rp145 miliar," kata Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, dalam konferensi pers hari ke-2 TEI 2013, di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, Kamis 17 Oktober 2013.

Bayu mengatakan, transaksi itu didominasi dari tekstil dan produk tekstil, furnitur, rempah-rempah, kerajinan tangan, perhiasan aksesori, dan alas kaki. Dia mengatakan, ada beberapa negara yang paling banyak melakukan transaksi.

"Yang paling banyak adalah Arab Saudi, Amerika Serikat, Nigeria, India, Mesir, dan Korea Selatan," kata dia.

Kementerian Perdagangan mencatat bahwa negara yang tertinggi melakukan transaksi pada hari pertama adalah Arab Saudi, disusul oleh Amerika Serikat, Nigeria, India, Mesir, dan terakhir Korea Selatan.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

"Arab Saudi menyumbang 30 persen, Amerika Serikat 19,3 persen, Nigeria 7,2 persen, India 6,4 persen, Mesir 2,6 persen, dan Korea Selatan 2,5 persen," kata Ketua Panitia TEI 2013, Gusmardi Bustami.

Selain barang, Bayu menambahkan, pada hari tersebut terdapat transaksi jasa senilai US$10,8 juta. Transaksi ini merupakan permintaan akan tenaga kerja terampil.

"Nilai total transaksi jasa pada hari pertama adalah US$10,8 juta, dan yang paling besar diminta adalah tenaga kerja terampil untuk pertambangan, konstruksi, dan industri kayu," kata Bayu.

Untuk permintaan tenaga kerja, Kasubdit Promosi Kawasan Asia Pasifik dan Amerika Serikat, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Elfrida Herawati Siregar, mengatakan bahwa permintaan tenaga kerja terbanyak berasal dari Malaysia, Suriname, Italia, Papua Nugini, Arab Saudi, dan Somalia.

"Kalau di Papua Nugini itu untuk manufaktur dan desain, sedangkan Arab Saudi dan Somalia untuk sektor mesin serta manufaktur," kata Elfrida.

Selain itu, Elfrida berharap, dalam ajang pameran ini, permintaan tenaga kerja terampil dari Indonesia semakin bertambah. "TEI ini adalah event untuk mempromosikan tenaga kerja Indonesia. Semoga ada peningkatan jumlah permintaan tenaga kerja Indonesia," kata dia. (umi)

Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024