Jembatan Kelok Sembilan Siap Diresmikan

Jembatan Layang Kelok Sembilan Diresmikan
Sumber :
  • kabar siang-tvOne
VIVAnews
Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
– Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah I Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan umum, Subagyo, Jumat 18 Oktober 2013, menyatakan bahwa Jembatan Kelok Sembilan kini telah siap untuk diresmikan.

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Subagyo menjelaskan, jembatan yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, itu sudah sepenuhnya siap digunakan.
Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024


"Kelok Sembilan sudah dapat dilalui. Rambu–rambu sudah terpasang dan sudah dilakukan uji kelayakan serta
road safety
," ujar Subagyo dalam keterangan tertulis.


Jembatan sepanjang 964 meter dan mempunyai jalan penghubung sepanjang 1.537 meter ini sebenarnya sudah pernah dibuka dan digunakan. Pembukaan jalan ini dilakukan untuk membantu kelancaran arus mudik Lebaran 1434 H pada Agustus silam.


Menurut Subagyo, pada 25 Oktober 2013 pekerjaan penambahan dihentikan. Kemudian, akan dilakukan pengecekan ulang untuk kebutuhan peresmian.


Jembatan ini diharapkan menjadi salah satu
landmark
Sumatera Barat, karena terletak di tengah-tengah antara hutan lindung dan hutan observasi.


Jembatan ini merupakan jalan akses yang menghubungkan jalur Lintas Tengah dengan Lintas Timur Sumatera. Selain itu, jembatan ini merupakan
feeder
mulai dari Sibolga-Tebing Tinggi-Padang-Bukit Tinggi hingga Riau serta Bengkulu menuju Palembang.


Kementerian Pekerjaan Umum, Subagyo melanjutkan, juga telah mengkaji potensi Kelok Sembilan menjadi tujuan wisata. Untuk mendukung itu, akan dibuat jalan pengalihan lalu lintas sepanjang 23 kilometer.


"Saat ini, lahan sudah dibebaskan oleh Pemerintah Kabupaten Payakumbuh dan Pemkab Lima Puluh Kota serta akan dimasukkan ke dalam rencana strategis ke depan," kata Subagyo.


Sementara itu, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Pekerjaan Umum, Danis H Sumadilaga, menambahkan, jembatan ini dijadwalkan akan diresmikan oleh Presiden pada 28 Oktober mendatang. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya