Anggaran PU Membengkak Jadi Rp84 Triliun

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler
VIVAnews - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat dan Kementerian Pekerjaan Umum akhirnya sepakat untuk menambahkan anggaran kementerian tersebut pada 2014. Anggaran PU yang pada RAPBN 2014 sebesar Rp74,9 triliun ditambah Rp9,2 triliun.
Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Dengan penambahan itu, tentunya membuat anggaran Kementerian PU pada APBN 2014 menjadi Rp84 triliun.
BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Menteri PU, Djoko Kirmanto, dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senin 21 Oktober 2013, mengungkapkan bahwa dia berterima kasih kepada anggota komisi yang telah memperjuangkan anggaran tambahan.
Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

"Dari anggaran sebesar Rp74 triliun, sebenarnya masih ada gap Rp35 triliun, dengan anggaran yang kami ajukan untuk memenuhi program pada 2014," kata Djoko.

Namun, menurut Djoko, karena tidak dapat dipenuhi, kementerian mencari program-program yang amat mendesak untuk diusulkan. Akhirnya, kementerian memilih program-program hingga anggaran yang dibutuhkan menjadi Rp15 triliun.

Dia mengakui, jika yang disetujui DPR hanya Rp9,2 triliun, kementerian akan menerimanya. Sementara itu, untuk pembahasan detail program lebih lanjut, akan dilakukan oleh Komisi V dengan eselon satu kementerian.

Program yang dipilih adalah kegiatan yang sudah tercantum dalam konsultasi regional, kunjungan kerja, dan arahan Presiden. Selain itu, ada program-program yang sudah diteliti detail desainnya dan ketersediaan tanah oleh pemda terkait. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya