BISNIS

Kereta Jalur Sukabumi-Bogor dan Sukabumi-Cianjur Akan Diaktifkan

Rel jalur Sukabumi-Cianjur akan diperbaiki, anggarannya Rp50 miliar.
Selasa, 22 Oktober 2013
Oleh : Mohammad Adam, Arie Dwi Budiawati
Menteri BUMN, Dahlan Iskan.
VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, Senin 21 Oktober 2013, menyatakan presiden mendukung inisiatif pengaktifan kembali jalur kereta Jakarta-Sukabumi. Kementerian BUMN pun untuk segera melaksanakan pengoperasian jalur kereta itu.

Dalam keterarangan tertulisnya, Dahlan menjelaskan bahwa ia telah meninjau Stasiun Sukabumi dan menilai kondisinya terawat meskipun sudah hampir setahun tidak ada kereta yang lewat di situ.

"Dalam dua bulan ke depan, Dahlan menegaskan, PT KAI sudah bisa mengoperasikan kereta api jurusan Sukabumi-Bogor. Lalu, ditambah dengan jurusan Sukabumi-Cianjur lima bulan lagi," " ujar Dahlan dalam pesan singkat yang diterima VIVAnews.

Khusus untuk jalur Sukabumi-Cianjur, Dahlan melanjutkan, akan ada perbaikan rel. Karena biayanya belum dianggarkan APBN, maka perbaikan rel ini akan menggunakan dana dari Kementerian BUMN.

"Kira-kira Rp50 miliar," kata Dahlan.

Sebelum rel itu tidak aktif, Dahlan menambahkan, ada kereta api jurusan Sukabumi-Bogor yang melintas, tapi hanya sekali per hari. Dahlan berjanji kalau jalur tersebut berfungsi kembali, jalur Sukabumi-Bogor akan lebih sering dilalui kereta api.

"Nantinya, akan sekaligus tiga kali sehari. KA-nya kelas ekonomi, tapi ber-AC. Dirut PT KAI, Ignasius Jonan, sedang mempersiapkannya saat ini," kata Dahlan.
TERKAIT
TERPOPULER