Tips Jitu Jadi Pengusaha Sukses

Anindya N. Bakrie
Sumber :
  • VIVAnews/Iqbal Kukuh
VIVAnews
Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi
- Pendiri sekaligus Chairman
Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini
Bakrie Center Foundation Anindya N. Bakrie memberikan tips menjadi pengusaha sukses kepada ratusan mahasiswa Institut Teknologi Bandung, Rabu 23 Oktober 2013.
Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

Dalam kesempatan tersebut Anin --sapaan Anindya-- menjelaskan bahwa untuk memulai menjadi pengusaha, yang paling penting bukan modal, melainkan keberanian memulai.


"Intinya jadi pengusaha itu harus berusaha, tentunya setelah kita terjun tidak ada kata mundur. Intinya berani memulai dengan perhitungan yang mapan, karena melibatkan banyak orang," kata dia dalam Kuliah Umum "Peran Mahasiswa dan Pemuda dalam Membangun Kemandirian Bangsa Melalui Kegiatan Kewirausahaan" di Aula Barat ITB, Bandung.


Selain itu, diperlukan ilmu dalam bidangnya, pengalaman, menjalin jaringan yang menunjang usaha dan juga kreativitas dalam mengeluarkan ide baru, serta penggunaan media yang ada.


Anindya yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia dan Indonesia Representative for ABAC dan
Co-Chairman
APEC CEO Summit 2013 menegaskan, dalam perjalanan menjadi pengusaha dipastikan mendapat situasi yang sulit mulai dari pemasaran dan permasalahan perusahaan.


"Nilai lebih seorang pengusaha bukan hanya terletak pada keberhasilan menjalankan usaha, tapi juga kemampuan menghadapi situasi sulit dan bangkit untuk terus berjuang," katanya.


Disinggung perihal beasiswa, Bakrie Center Foundation telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi hingga 130 orang untuk disekolahkan baik dalam maupun luar negeri.


"Kami lakukan di seluruh Indonesia, salah satunya ITB ada 80 mahasiswa S2," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya