PU Bangun Rusunawa Jatinegara Awal November

Sudin Teknis Jakarta Timur diruntuhkan untuk dijadikan rusunawa
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara
- Direktur Pengembangan Permukiman Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum,  Amwazi Idrus, Kamis 24 Oktober 2013, menyatakan pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Jatinegara, Jakarta Timur, untuk progam penataan Kali Ciliwung akan segera direalisasikan.

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Pembangunan rusunawa ini, Amwazi menjelaskan, dijadwalkan mulai dikerjakan pada awal November mendatang dan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta selaku pemilik lahan.
Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen


"Nanti Pak Gubernur yang akan meresmikan pembangunannya, awal November. Tapi tanggal pastinya kami belum tahu," ujar Amwazi ketika ditemui
VIVAnews
di Jakarta.


Rusunawa ini, ia melanjutkan,  dibangun untuk menampung warga bantaran Ciliwung agar kali tersebut bisa dinormalisasi.


Diperkirakan pembangunan rusunawa setinggi 16 lantai ini akan selesai dalam waktu 13 bulan. Ini berarti rusunawa sebanyak dua twinblock ini dapat mulai dipakai pada bulan Desember 2014.


Mengenai dana pembangunannya, kata Amwazi, sepenuhnya ditanggung oleh Kementerian PU. Satu tower rusunawa yang mampu menampung 560 kepala keluarga ini dianggarkan Rp80 miliar. Dengan demikian, pembangunan dua tower rusunawa ini akan menelan dana sebesar Rp160 miliar.


Pada tiap tower rusunawa ini, menurut Amwazi, fungsi direncanakan hanya untuk unit di lantai 3 hingga lantai 16. Sedangkan dua lantai paling bawah akan digunakan untuk area sosial masyarakat.


"Nanti dua lantai dibawah akan dipakai untuk pasar, tempat bermain, warung dan tempat sosial lainnya," kata Amwazi. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya