Buruh Ancam Mogok Nasional, Ini Kata Pengusaha

Buruh demo di Pulogadung dan Cakung
Sumber :
  • twitter @TMCPoldaMetro
VIVAnews
Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
- Serikat buruh berencana melakukan aksi mogok kerja nasional pada 31 Oktober-1 November 2013. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai aksi ini sebenarnya tidak perlu dilakukan.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi, Selasa 29 Oktober 2013, menyatakan seharusnya aksi mogok tersebut dilakukan apabila perundingan mengenai upah minimum antara pengusaha, buruh, dan pemerintah gagal. Kenyataannya, perundingan tripartit yang dilakukan dewan pengupahan berjalan baik.
Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024


"Mogok itu sebenarnya terjadi kalau perundingannya gagal. Ini, perundingannya baik, sampai gubernur dan bupati memutuskan yang terbaik," ujar Sofjan di Jakarta.


Meski begitu, ia melanjutkan, jika rencana aksi mogok tetap dilaksanakan, diharapkan berjalan tertib dan damai. "Kami meminta mereka agar tidak memaksa teman-temannya yang tetap ingin bekerja," kata Sofjan.


Serikat pekerja yang menggelar aksi mogok ini juga diminta tidak memaksa para buruh untuk ikut serta. Apindo mengecam penyisiran atau sweeping para buruh yang tidak ikut berpartisipasi dalam aksi menuntut kenaikan upah ini.


"Kami menyesalkan adanya sweeping yang ada di Cimahi dan Tangerang," kata Sofjan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya