BKPM Ungkap Penyebab Peringkat Kemudahan Usaha RI Naik

Presiden SBY menyalami Kepala BKPM Mahendra Siregar
Sumber :
  • Abror Rizki
VIVAnews - International Finance Coorporation (IFC), salah satu lembaga keuangan di bawah Bank Dunia, merilis laporan Doing Business 2014. Indonesia, dalam laporan tersebut, naik peringkat dari sebelumnya 128 menjadi 120.
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Mahendra Siregar, Selasa 29 Oktober 2013, menyambut baik hal tersebut. Menurutnya, kenaikan peringkat ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan perbaikan.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

"Kami minggu lalu bahkan telah antisipasi dan manfaatkan komitmen untuk beberapa bulan ke depan untuk semakin memperbaiki lagi," ujarnya di Jakarta.
Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

Mahendra menjelaskan, ada beberapa hal yang mendukung kenaikan peringkat tersebut, antara lain semakin mudahnya mengurus sarana dan prasarana untuk membuat usaha baru di Indonesia.

"Pertama, akses dan kemudahan memperoleh listrik. Kedua, langkah permudah akses perkreditan," tambahnya.

Dirinya mengatakan bahwa salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah mengeluarkan delapan paket kebijakan yang baru diterbitkan beberapa waktu lalu. Hingga 2014, sedikitnya ada 17 langkah konkret yang akan dilakukan guna mendukung paket tersebut.

"Walaupun penting untuk naik peringkat, lebih penting kenyataan perbaikan penyederhanaan dirasakan pelaku usaha dan investor," ungkapnya. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya