2014, Wirausaha Muda di Indonesia Tembus 4,7 Juta

Pameran Inacraft 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menargetkan pada 2014, wirausaha muda di Indonesia akan mencapai 4,7 juta atau 1,6 persen dari jumlah penduduk Indonesia.
Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sedangkan wirausaha muda di Indonesia saat ini, mencapai 3,7 juta atau sekitar 1,5 persen dari jumlah penduduk di Indonesia.
Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

"Kami menargetkan ada peningkatan sekitar 0,5 persen wirausaha muda Indonesia di tahun depan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, KRTM Roy Suryo, saat ditemui dalam acara loka karya Forum Wirausaha Muda Nasional Tahun 2013 di Yogyakarta, semalam
Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun

Menurut Roy, menyiapkan wirausaha muda sangat penting karena Indonesia akan memasuki Asean Community yang akhirnya semua produk dari luar negeri bakal membanjiri Indonesia. Indonesia pun punya kesempatan memasarkan produknya ke luar negeri.

"Ketika kita tidak siap dengan wirausaha muda, kita akan menjadi penonton dan hanya sebagai pasar produk luar negeri," jelasnya.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan hal yang diperlukan bagi wirausaha muda adalah semangat untuk maju, karena hal-hal yang tradisional pun bisa diangkat sebagai karya yang disenangi masyarakat.

"Bayangkan, musik gamelan yang tradisional ketika diramu dengan kendang dan beberapa musik lainnya menjadi sangat menarik dan laku di pasaran," ujarnya.

Kearifan lokal bagi wirausaha muda juga sangat perlu diterapkan seperti di Yogya dengan kata Memayu Wahyuning Bawono, yang artinya Memperindah Indahnya Dunia. Bagaimana suatu produk itu juga peduli dengan lingkungan dan menjaga komunitas antarmanusia. "Suatu produk juga menimbulkan kepercayaan terhadap penciptanya," kata Roy.

Dan yang perlu diingat, lanjutnya, dengan kemajuan zaman, maka pemasaran kini dapat dilakukan dengan online atau melalui internet. "Bertemunya wirausaha muda dari 33 provinsi ini juga dapat dimanfaatkan untuk saling tukar pengalaman, bahkan bisa saling memasarkan produknya," tuturnya. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya