2014, BPJT Lelang Satu Lagi Ruas Tol Trans Sumatra

Jalan tol Merak retak
Sumber :
  • VIVAnews/Avifah

VIVAnews - Pemerintah akan mulai melelang salah satu ruas tol Trans Sumatra yang terletak di Palembang tahun depan. Jalan tol tersebut yakni Tol Kayu Agung-Palembang-Betung.

Badan Pengatur Jalan Tol mengungkapkan pelelangan ini akan dilakukan setelah lahan untuk seksi I jalan tol yang diusulkan BUMD ini mencapai 75 persen.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Kepala BPJT, Achmad Gani Ghazaly, kepada VIVAnews beberapa waktu lalu mengungkapkan dalam BUMD ini pemda bergabung bersama perusahaan Malaysia.

"Ini merupakan tol unsocilited yang diusulkan atas prakarsa badan usaha PT Sriwijaya Markmore Persada," ujarnya.

Pengajuan tol sepanjang 111 kilometer ini, menurut Gani, telah disetujui oleh Menteri Pekerjaan Umum. Karena jalan tol ini dimulai dari inisiasi maka pemrakarsalah yang akan mengurus permasalahan feasibility studies, AMDAL hingga pembebasan lahan.

"Saat ini mereka sedang menyiapkan dokumen teknisnya yang nanti akan diberikan ke kita," ujarnya.

BUMD yang menginisiasi jalan tol senilai Rp13 triliun ini sendiri adalah Markmore Labuan Ltd yang merupakan BUMND Malaysia dengan BUMD Sumatra Selatan PD Prodexim.

Pengerjaan jalan tol ini sendiri akan dibagi menjadi tiga seksi. Seksi pertama adalah Kayu Agung-Jakabaring sepanjang (33,5 km), seksi II Jakabaring-Musilandas (33,9 km) , dan seksi III Musilandas-Betung sepanjang (44,29 km).

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Proyek ini sendiri masuk kedalam potensial project list public private partnership (PPP) book 2013 yang dikeluarkan oleh Bappenas. (eh)

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024