Pemerintah Didesak Segera Realisasikan Pembangunan Trans Sumatera

Pembangunan jalan tol Semarang - Solo di Banyumanik, Semarang
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Ketua Komisi V DPR RI, Lauren Bahang Dama, Senin 18 November 2013, menyatakan bahwa proyek jalan tol Trans Sumatera perlu segera direalisasikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Sumatera yang cukup pesat.

Menurut Lauren, masyarakat Sumatera sudah banyak yang mengeluhkan bahwa dinamika perekonomian yang sedang tinggi ini tidak diimbangi oleh ketersediaan infrastruktur yang memadai. Bahkan hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai nasib proyek pembangunan Trans Sumatra.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

"Dalam Masterplan Program Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) pemerintah memprioritaskan proyek infrastruktur untuk menjadi tulang punggung pembangunan nasional. Namun anehnya pembangunan Trans Sumatera hingga saat ini  belum juga direalisasikan," ujar Lauren dalam keterangan tertulisnya.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), ia melanjutkan, proyek Trans Sumatra ini pun masuk urutan prioritas. Oleh karena itu, pemerintah perlu fokus demi proyek ini dapat segera terealisasi.

Menurut Lauren, jika tol Trans Sumatera bisa diwujudkan, dampaknya akan amat besar. Bukan hanya menyerap tenaga kerja secara besar-besaran pada saat dan sesudah penggarapan proyeknya, namun juga sentra-sentra ekonomi baru di wilayah Sumatera akan terkoneksi.

"Ini akan berdampak positif bagi kesejahteraan dan kehidupan politik. Pembangunan tidak lagi mengacu di Jawa saja melainkan juga menyebar ke Sumatera," kata Lauren.

Ia menambahkan, DPR RI melalui Komisi V yang mebidangi pengawasan infrastruktur akan terus mendesak pemerintah untuk segera merealisasikan pembangunan Trans Sumatera. Pemerintah juga diharapkan segera menerbitkan Peraturan Presiden atau Perpres sebagai payung hukum bagi pelaksanaan proyek ini.

"Kami menekankan pentingnya payung hukum sebagai landasannya. Kami harus dorong Presiden untuk benar-benar memperhatikan serius rencana besar jangka panjang ini, sebagai bagian dari proyek yang nantinya akan jadi kebanggaan bangsa," kata Lauren. (adi)

PT Pos Indonesia (Persero) Salurkan Bansos dan PKH ke 2.500 Keluarga Penerima Manfaat

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

PT Pos Indonesia (Persero) kembali menyalurkan bansos sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024