Pengembang Ini Siap Sulap Baranangsiang Jadi Kawasan Terpadu

Plang Terminal Baranangsiang Bogor.
Sumber :
  • info-bogor.com
VIVAnews - Terminal Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat, akan disulap menjadi terminal modern yang terpadu dengan kawasan bisnis. Nantinya, terminal itu akan memiliki hotel dan pusat perbelanjaan yang rencananya mulai dibangun tahun depan.
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Pengembang properti, PT Pancakarya Graha Indonesia (PGI), dalam keterangannya kepada VIVAnews, Selasa 17 Desember 2013, memaparkan detail perombakan salah satu terminal terbesar di Jawa Barat tersebut. 
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Direktur Public Relation PGI, Diah Kurniawaty, mengungkapkan bahwa kawasan terminal yang akan dirombak menjadi area pusat perbelanjaan itu adalah sebesar 58.824 meter persegi, area hotel sebesar 7.690 meter persegi, dan lahan parkir sebesar 40.722 meter persegi.
Tips Sukses dari Konten Kreator Abibayu, Always On dan Inovasi Kreatif

Sementara itu, perluasan terminal yang tadinya 9.300 meter persegi akan diperbesar menjadi 16.000 meter persegi. "Dana untuk pembangunannya, murni berasal dari swasta dan bukan berasal dari APBD/APBN," kata Diah. 

Diah mengatakan, kerja sama pemanfaatan terminal tersebut dengan Pemerintah Kota Bogor akan dilakukan selama 30 tahun. Setelah periode tersebut, menurutnya, pengelolaannya akan dikembalikan ke pemkot.

Menurut Diah, diperkirakan tenaga kerja yang akan terserap dalam rangka pengelolaan dan pembangunan hotel, mal serta terminal terpadu kurang lebih sekitar 2.000 orang. Dia memastikan, tenaga kerja tersebut akan diprioritaskan diambil dari area terminal. 

Diharapkan, pengembangan terminal ini tidak mematikan usaha yang selama ini sudah ada di kawasan itu. "Sumber daya manusia yang sekarang berada di terminal akan dirangkul menjadi tenaga-tenaga kebersihan, satpam, penjaga kios, petugas parkir, dan lainnya," ungkapnya. 

Selain itu, pedagang kaki lima yang berdagang sekarang akan tetap dialokasikan berjualan pada kios-kios yang disediakan di gedung baru nantinya. 

Yang unik dari kawasan terminal terpadu itu yaitu pada mal yang dibangun akan ada lantai khusus yang menjual peralatan olahraga. Kios-kios peralatan olahraga tersebut akan diisi kebayakan oleh para pedagang mantan olahragawan, khususnya dari Bogor. 

Hal tersebut, kata Diah, untuk mengakomodir semangat masyarakat Bogor yang gemar berolahraga. "Pengembang akan mengutamakan mantan olahragawan, pelatih ataupun para pengusaha yang ingin menjalankan usaha di blok khusus itu," ujarnya. 

Pembangunan Terminal Terpadu Baranangsiang diharapkan akan rampung pada Juni 2014. Sedangkan kawasan komersial dan hotel mulai beroperasi pada Juni 2015. Dana yang dihabiskan untuk proyek tersebut mencapai Rp462,86 miliar. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya