Tiga BUMN Akuisisi Asuransi InHealth Rp1,7 Triliun

Ilustrasi asuransi.
Sumber :
  • www.google.com

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk bersama PT Kimia Farma Tbk dan PT Jasindo mengakuisisi anak perusahaan milik Askes, PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia. Penandatanganan akuisisi Inhealth disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, Senin, 23 Desember 2013.

Dahlan mengatakan, dengan diakuisisinya Inhealth oleh tiga BUMN, maka akan terhindar dari kepemilikan asing. Penjualan Inhealth itu terkaitĀ  peraturan bahwa Askes setelah berubah menjadi BPJS Kesehatan dan tidak dibolehkan memiliki saham di perusahaan asuransi.

Bank Mandiri dalam proses akuisisi itu akan menguasai 80 persen saham InHealth, Kimia Farma 10 persen, dan Jasindo 10 persen.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Namun, karena masih terganjal oleh peraturan pemerintah yang mengharuskan Askes memiliki saham InHealth 20 persen, untuk tahap pertama, Bank Mandiri akan mengakuisisi 60 persen dan tahap kedua 20 persen.

"Sekarang kami bayarkan sesuai dengan transaksinya, 60 persen. Satu tahun lagi akan dibayarkan sisanya 20 persen," kata Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin.

Total pembelian saham InHealth mencapai Rp1,75 triliun. Bank Mandiri untuk tahap pertama akan membayar Rp1,05 triliun atau 60 persen dari total nilai transaksi akuisisi itu. (one)

Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024