PU: Ide Sodetan Ciliwung-Cisadane Masih Ditolak Tangerang

Luapan air Sungai Ciliwung menutup akses Jalan di Kampung Melayu, Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVAnews/ Erick Tanjung

VIVAnews - Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, mengatakan, Kementerian PU siap membangun jalur sodetan Sungai Ciliwung - Cisadane jika memang diminta oleh pemprov DKI Jakarta. Wacana pembuatan sodetan itu merupakan rencana lama yang belum terealisasi.

Djoko mengungkapkan, Jumat 17 Januari 2014, tahun 1990-an Kementerian PU telah memiliki masterplan pembuatan sodetan tersebut. Bahkan anggarannya telah dialokasikan di kementerian.

"Namun, karena social engineering-nya kurang baik, sehingga waktu itu masyarakat di daerah Tangerang menolak, seakan-akan banjir Jakarta kok dipindah, dan akhirnya sementara dibatalkan dulu," ujarnya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Karena itu, menurutnya, jika pemprov DKI Jakarta mampu menyelesaikan masalah itu, proyek tersebut dapat segera direalisasikan. "Mereka (Tangerang) kan masih menolak-menolak saja," ungkapnya.

Kini Kementerian PU akan segera memperbaharui desain dan teknis pembangunan Sodetan Ciliwung-Cisadane. Namun, lagi-lagi harus atas permintaan pemprov DKI.

Meski demikian dia mengungkapkan, sodetan ini menjadi solusi permasalahan banjir di Ciliwung. "Iya. Iya. Artinya kalau iya itu harus detail kami mendesainnya. Kami akan desain ulang, karena itu dan saat ini kan kondisinya sudah berubah. Tetapi itu salah satu alternatif untuk mengurangi banjir Kali Ciliwung,"kata Djoko.

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024