Berapa Kebutuhan Dana untuk Pembangunan Waduk Ideal?

pembangunan Waduk Jatibarang, di Semarang
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas mengungkapkan, masalah banjir terus menghantui Indonesia hingga saat ini. Kondisi itu terjadi karena kapasitas tempat penampungan air atau waduk di Indonesia belum ideal.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas, Dedy S Priatna, Kamis 23 Januari 2014, menyatakan bahwa idealnya Indonesia membangun waduk-waduk dengan total kapasitas penampungan air sebanyak 1.975 meter kubik per kapita per tahun.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Namun, saat ini seluruh waduk baru mampu menampung air hingga 54 meter kubik.

"Jadi, artinya apa? Pas musim curah hujan tinggi, air banyak sekali melimpah ke laut, lalu meluap ke mana-mana karena tidak ditampung. Kalau ditampung, kan jadi regulated dam, supaya tidak langsung ke laut," ujar Dedi di kantornya, Jakarta.

Penampungan air di negara-negara kecil di kawasan Asia, ia melanjutkan, lebih besar ketimbang Indonesia. Misalnya di Thailand, sudah mencapai 1.200 meter kubik. Amerika Serikat bahkan sudah mampu menampung 6.000 meter kubik air.

Selain permasalahan tanah, menurut Dedy, Indonesia juga dihadapkan dengan besarnya anggaran pembangunan waduk. Untuk mencapai batas ideal, pemerintah membutuhkan anggaran sebesar Rp4.000 triliun.

"Ini amat menjadi prioritas, tapi lagi-lagi ujung-ujungnya duit, karena kebutuhannya besar," kata dia.

Persoalan lahan pun bukan hanya terkendala relokasi masyarakat. Lokasi waduk yang ideal kebanyakan berada di sekitar daerah kehutanan, khususnya yang dilindungi pemerintah. Karena itu, tahap pembangunannya pun bukan hal yang mudah.

"Saya kira, dam itu harus menjadi komitmen bersama. Karena, nanti kita tuh akan perang air, bukan lagi perang minyak. Karena, krisis air. Itulah sebabnya, program ketahanan air akan masuk dalam RPJMN 2015-2019," kata Dedy. (art)

Ilustrasi kanker prostat.

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Jika terjadi pembesaran pada prostat, ini bisa menyebabkan sumbatan dan gangguan pada proses kencing.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024